Rekapitulasi KPU Selesai, Jokowi dan Ma’Aruf Amin Pemenang Pilpres 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019.
, Majalah Kartini | 21/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.idKPU pada Selasa dini hari mengumumkan hasil rekapitulasi suara presiden. Disebutkan jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sedangkan, jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Foto: Istimewa

Sehari Lebih Cepat

Pengumuman rekapitulasi ini dikeluarkan pada Selasa dini hari (21/05/19) di gedung KPU, sesudah KPU menyelesaikan seluruh rekapitulasi 34 provinsi dan 130 PPLN.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan bahwa yang ditetapkan adalah hasil rekapitulasi penghitungan suara. Adapun penetapan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilakukan tiga hari sesudah pengumuman hasil rekapitulasi. Hal ini guna memberikan kesempatan kepada pasangan calon atau partai politik yang mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Seandainya tidak ada gugatan selama tiga hari ke depan, maka KPU akan menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih.

Mengantisipasi Rencana Demo?

Pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional tersebut dikeluarkan sehari lebih awal dari jadwal semula pada Rabu (22/05). Dan pengumuman ini dilakukan sebelum rencana aksi demonstrasi menentang hasil pemilihan presiden digelar. Semula demo dijadwalkan akan mulai diadakan di Jakarta pada Selasa sore ini.

Baca Juga: Isu People Power Merebak Jelang Pengumuman Hasil Pemilu

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menegaskan pengumuman dini hari ini tidak ada kaitannya dengan rencana demonstrasi. Ia menyatakan bahwa KPU dapat menetapkan rekapitulasi suara pemilu serentak 2019 begitu proses tersebut dirampungkan. Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, penetapan hasil pemilu wajib dilakukan paling lambat 35 hari setelah pemungutan suara. Batas waktu tersebut yaitu tanggal 22 Mei 2019 seperti rencana semula.

Jokowi-Ma’Aruf Amin Unggul di 21 Provinsi

Pasangan Jokowi-Ma’ruf menang di 21 provinsi yaitu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung. Selanjutnya juga unggul di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua. Sementara itu, 13 provinsi lainnya dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Sandiaga, termasuk Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, dan Sulawesi Tenggara.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: