Ratusan Warga Somalia Tewas Kelaparan

Tragedi kematian ini terjadi dalam waktu dua hari.
, Majalah Kartini | 06/03/2017 - 15:02

110 Warga Somalia Tewas Kelaparann

MajalahKartini.co.id – Tak hanya perang saudara, tragedi kemanusiaan terus terjadi di Somalia. Terjadinya perompakan kapal, kelaparan juga menjadi isu utama bagi negara yang berada di pantai timur Afrika tersebut. Terbaru, pada Sabtu, (4/3), Reuters melaporkan bahwa 110 orang tewas di Somalia selatan karena kelaparan dan diare akibat kekeringan. Tragisnya, kematian massal itu terjadi hanya dalam waktu dua hari.

Peristiwa ini seolah menjadi pembenaran terhadap data Perserikatan Bangsa Bangsa. Pada bulan Februari lalu, badan anak-anak PBB, UNICEF menyatakan bahwa kekeringan di Somalia menyebabkan 270 ribu anak menderita kekurangan gizi akut.

Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khaire mengatakan bahwa pasokan makanan dia daerah tersebut memang sangat minim. Hassan mengakui bahwa kondisi yang terjadi saat ini adalah situasi yang sulit bagi warga Somalia. Beberapa orang telah terkena bencana kelaparan dan diare pada saat yang sama. “Dalam 48 jam terakhir 110 orang meninggal karena kelaparan dan diare di wilayah Bay,” kata Hassan Ali dalam sebuah pernyataan resminya.

Meskipun begitu, pemerintah Somalia menurutnya akan melakukan yang terbaik. “Kami mendesak semua warga Somalia di manapun mereka berada untuk membantu dan menyelamatkan Somalia yang saat ini sedang sekarat,” kata dia.

110 Warga Somalia Tewas Kelaparan

(Foto:aljazeera)

Banyak warga Somalia memang menggantungkan hidup dari ternak. Namun, karena kekeringan, ternak mereka banyak yang mati. Hal ini membuat mereka tidak punya pilihan selain mencari makanan dan air ke tempat lain. PBB dan Departemen Luar Negeri setempat mengatakan bahwa kelompok teroris yang terafiliasi dengan Al-Qaeda, Al-Shabaab, melarang bantuan masuk ke wilayah mereka. Tak hanya itu, mereka juga tidak memperbolehkan warga kelauar dari daerah yang mereka kuasai. (Foto: aljazeera)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: