Ratusan Rumah Rusak dan Puluhan Warga Luka-Luka Akibat Angin Puting Beliung

Lebih dari 300 rumah di Rancaekek Bandung tercatat rusak dan belum diklasifikasikan ke dalam tingkat kelompok kerusakan.
, Majalah Kartini | 12/01/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Bencana alam dari angin puting beliung kembali menerjang kawasan Jawa Barat, tepatnya Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (11/1). Angin yang memutar kencang di atas pemukiman warga tersebut merusak ratusan rumah dan tercatat 16 orang mengalami luka-luka.

“Data sementara yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Bandung dampak puting beliung tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya,” jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulisnya (11/1).

Ratusan rumah rusak akibat tersapu angin puting beliung. Rumah tersebut berada di tiga desa wilayah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  “Jumlah rumah yang rusak ratusan, yang berada di tiga desa di antaranya Desa Jelegong, Bojongloa dan Rancaekek Kencana,” ujar Camat Rancaekek Baban Banjar.

Menurut Baban, sejumlah warga yang rumahnya rusak berat untuk sementara waktu mengungsi ke rumah kerabat dan masjid. “Banyak yang mengungsi, di tampung di mesjid wilayah sana. Sekarang listrik padam, penerangan sementara kita belikan lilin dan mi untuk makanan warga,” ujar Baban. Peristiwa ini terjadi pada pukul 15.15 WIB Jumat Sore dan sempat membuat sebagian warga sekitar panik. (*)

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: