Ratusan Perempuan Gelar Aksi Jalan Kaki Sarinah-Istana

Mereka berkumpul dalam rangka memeringati Hari Perempuan Sedunia dan Women March Jakarta.
, Majalah Kartini | 05/03/2017 - 09:05

Ratusan-Perempuan-Gelar-Aksi-Jalan-Kaki-Sarinah-Istana

MajalahKartini.co.id – Ratusan massa dari berbagai golongan perempuan melakukan aksi solidaritas, berjalan dari Sarinah menuju Istana Negara, Sabtu (4/3) pagi dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional dan Women March Jakarta. Dilengkapi dengan pita pink, massa aksi pembela hak perempuan ini menyampaikan beberapa tuntutan.

Di tahun 2016, sebuah gugatan dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi melibatkan sekelompok profesor selaku penggugat. Mereka meminta Kitab Undang-undang Hukum Pidana diubah agar ada kriminalisasi terhadap hubungan seks sejenis suka sama suka, hukuman maksimal lima tahun penjara. Dan sekarang sedang menunggu keputusannya.

“Pendefinisian perempuan sebenarnya tidak ditentukan dari ia bervagina atau tidak, tetapi juga karena pemaknaan atas perasaan dan pengidentifikasian diri sebagai perempuan. Definisi perempuan sangatlah cair dan multidimensional, melampaui batasan tradisional dan konstruksi heteronormatif,” jelas Yuli Rustinawati saat menyampaikan orasinya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rezim patriarki dan heteronormatif membuat masyarakat hanya melihat perempuan menjadi sangat sempit, biner, dan tradisional sehingga perempuan di luar itu terpaksa hidup dengan kebencian, penghakiman, dan diskriminasi. “Masih banyak laki-laki menganggap perempuan sebagai properti sehingga kerap kali perempuan mengalami kekerasan dan diskriminasikan,” ujarnya. (Foto: Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: