Rambut Beruban di Usia Awal 30-an? Mungkin Ini Penyebabnya!

Disinyalir tumbuhnya uban di usia muda juga berkaitan dengan penyakit serius.
, Majalah Kartini | 11/10/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Rambut berwarna putih atau biasa disebut uban biasanya hadir pada rambut kepala orang-orang berusia lanjut atau sekitar di atas 40 tahun. Namun, jika usia Anda masih awal 30 tahun dan sudah mendapati banyak uban tumbuh di kepala, sebaiknya perhatikan beberapa penyebabnya menurut para ahli berikut ini.

Stres. Faktor stres disinyalir sebagai penyebab utamanya. Sebagian besar orang menganggap bahwa stres berperan besar membuat rambut muncul uban di usia relatif muda. Meski demikian, menurut Dr. James Kirkland, pemimpin Robert and Arlene Kogod Center on Aging, hal tersebut belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah. “Belum ada cukup penelitian yang memperlihatkan hubungan langsung antara stres dan uban. Jadi, jangan terlalu khawatir soal itu. Meskipun kemungkinan tetap ada,” ucap Dr. James seperti dikutip dari The New York Times.

Genetik. Alasan inilah yang umumnya kerap terjadi pada orang yang memiliki uban di usia muda. Baik keturunan dari ibu, ayah, maupun keduanya, Anda berisiko memiliki rambut beruban di usia muda jika mereka juga mengalaminya di usia yang sama.

Kebiasaan Merokok. Faktor lain yang bisa mempercepat uban muncul di kepala adalah kebiasaan merokok. Penyebabnya bisa berasal dari radikal bebas yang diproduksi saat seseorang merokok. Pengaruh rokok memang tidak hanya buruk untuk rambut, tetapi juga untuk kesehatan dan kulit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari merokok.

Penyakit Serius. Beberapa kasus yang menunjukkan bahwa uban bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada kesehatan jantung. Hal tersebut disetujui oleh Dr. James, bahwa jika seseorang memiliki penyakit jantung dan rambut beruban, ini bisa menandai penyakit yang bertambah parah. Autoimun dan masalah tiroid juga bisa berpengaruh.

Oleh karena itu, jika pertumbuhan uban di rambut Anda terbilang tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: