Puasa Membantu Bekerja Lebih Maksimal

Puasa ternyata tak hanya membuat orang berlatih menahan emosi dan mengurangi berat badan, tetapi juga bermanfaat dalam hal pekerjaan.
, Majalah Kartini | 29/05/2017 - 18:02

Puasa Membantu Bekerja Lebih Maksimal

MajalahKartini.co.id – Puasa melibatkan pemangkasan jumlah kalori pada hari-hari tertentu dan mempunyai keuntungan jangka panjang, termasuk memperbaiki suasana hati serta kualitas tidur lebih baik. Dilansir dari BBC, para pekerja teknologi di California, AS, mendapati manfaat baru dari praktik berpuasa. Mereka mengatakan pada hari ketika tidak makan, mereka merampungkan lebih banyak pekerjaan di kantor. Mereka mengaku mengalami kelincahan mental dan mudah fokus pada pekerjaan.

Sebuah perusahaan perintis di San Francisco, muncul dengan gagasan puasa bersama. Berpuasa menjadi budaya perusahaan, dan meskipun tidak wajib, setiap anggota tim yang terdiri dari 13 orang menjalankan puasa pada hari Selasa.

Keesokan paginya, mereka berkumpul bersama anggota kelompok WeFast lain -yang jumlahnya sudah mencapai 1.200 orang- untuk menyantap makan pagi. Makan pagi di warung sekitar itu berfungsi sebagai acara saling memberikan dukungan antara lain dengan berbagi cerita pengalaman berpuasa.

Sejumlah penelitian menunjukkan puasa dalam bentuk berbeda-beda dapat berdampak besar bagi tubuh manusia. Puasa membuat berbagai perubahan pada level sel, mempengaruhi banyak sistem metabolisme, seperti memberikan bahan bakar ke otak dan mempengaruhi cara tubuh mengatasi stres.

Dan meskipun dampak puasa pada performa kerja belum dibuktikan secara ilmiah, banyak orang yang menjalani aktivitas puasa di hari-hari tertentu. Mereka mengalami rasa waspada yang lebih tinggi, mirip dengan rasa senang setelah kita berlari jarak jauh. (Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: