Produk Biologi Dalam Negeri Dukung Program Pemerintah

Dalam pengoperasian pabrik biosimilar ini, Kalbe juga mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten.
, Majalah Kartini | 18/01/2017 - 19:05

Produk-Biologi-Dalam-Negeri-Dukung-Program-Pemerintah

MajalahKartini.co.id – Selain membuat produk jadi, PT KaIbio Global Medika juga memproduksi bahan baku obat untuk produk Biologi dalam rangka mendukung program pemerintah memenuhi kebutuhan akan bahan baku obat yang Iebih murah dari dalam negeri. Sie Djohan, Direktur Pengembangan Bisnis PT Kalbe Farma, Tbk pada kunjungan Kepala Badan POM RI di pabrik biosimilar, PTKalbio Global Medika, di Cikarang, Rabu (18/1) mengungkapkan, dalam mengoperasikan pabrik biosimiar ini, Kalbe juga mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten.

Mereka juga mendidik tenaga-tenaga muda secara khusus bekerja sama dengan ISL (Indonesia International Institute for Life Science). “Hal ini merupakan bagian dari upaya Kalbe dalam mengembangkan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi Iebih kompeten di bidang kesehatan,” ujar Sie.

Dalam kesempatan yang sama, lrawati Setiady, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk juga mengatakan, bahwa percepatan proses perijinan, registrasi dan sertitikasi, dari Badan POM, baik untuk produk ataupun fasilitas produksi akan sangat mendukung. “Ini merupakan bagian dari Roadmap lndustri Farmasi di Indonesia dalam rangka mendukung pertumbuhan industri kesehatan dalam negeri, sehingga memampukan kita menjadi Iebih kuat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, adanya payung peraturan, guideline dan standar yang kondusif tentunya sangat diperlukan untuk mengembangkan industri farmasi. “Kami berharap dapat terus bekerjasama dengan Badan POM untuk tetap menjaga tersedianya akses obat dan produk-produk kesehatan agar masyarakat mendapatkan obat yang aman dan berkualitas. Kami yakin Badan POM akan terus memperkuat pengawasan dan penindakan pengedaran obat palsu dan obat impor Ilegal yang dapat merugikan masyarakat,” tambah Irawati.

Selanjutnya, PT Sanghiang Perkasa adalah anak perusahaan Kalbe yang telah berdiri sejak tahun 1982 dan telah memproduksi produk-produk kesehatan yang telah dikenal masyarakat. Saat perusahaan ini telah membangun pabrik baru di daerah Cikampek berdekatan dengan pabrik PT Kalbe Morinaga Indonesia yang beroperasi sejak 2007. Kedua pabrik ini telah memenuhi standar Badan POM untuk Cara Pembuatan Pangan Olahan yang Baik, serta telah tersertifikasi HACPP yakni Hazard, Analysis, and Critical Control Point. (Foto: Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: