Presiden Jokowi Bagikan Beasiswa Kepada Ribuan Mahasiswa Korban Gempa Lombok

Presiden Jokowi berharap seluruh mahasiswa korban gempa Lombok, NTB dapat melanjutkan pendidikan hingga selesai.
, Majalah Kartini | 19/10/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Meski gempa yang sempat mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah berlalu, tetapi nasib para korban gempa masih memerlukan perhatian. Terutama para generasi muda penerus bangsa agar dapat terus melanjutkan pendidikan demi masa depan. Jawaban pun hadir dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak hanya mengunjungi Lombok untuk mengecek pembangunan kembali pascagempa, tetapi Presiden Jokowi juga menyerahkan beasiswa kepada 5.144 mahasiswa yang terdampak bencana gempa di NTB.

Acara penyerahan beasiswa digelar di halaman luar Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, NTB (18/10). Sebagai perwakilan, ditunjuk sebanyak tujuh mahasiswa yang mendapatkan kesempatan menerima penyerahan beasiswa secara langsung dari Presiden Jokowi. Adapun harapan Presiden Jokowi terhadap seluruh mahasiswa NTB agar dapat melanjutkan pendidikan hingga selesai. “Selamat belajar. Jangan sampai dengan alasan gempa saudara-saudara nggak belajar. Tetap harus belajar. Saya titip ini,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Intan Ahmad mengatakan beasiswa tersebut diberikan melalui skema bidik misi dan peningkatan prestasi akademik (PPA). Dengan rincian, sebanyak 2.195 mahasiswa untuk skema bidik misi dan 2.949 mahasiswa untuk PPA. “Dari komposisi tempat studi, 4.275 mahasiswa yang studi di Unram dan 34 PTS di NTB dan 869 mahasiswa asal NTB yang sedang studi di luar NTB dari 74 PTN atau PTS di Indonesia,” ujar Ahmad.

Ahmad menjabarkan, hingga 17 Oktober 2018 tercatat jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa dalam bentuk tabungan sebanyak 3.357 mahasiswa. Sementara sisanya, 1.787 mahasiswa sedang dalam proses pencairan yang diprediksi akan diterima pada akhir Oktober 2018. Dijelaskan Ahmad, tak hanya korban bencana di Lombok, NTB yang memperoleh bantuan beasiswa, “Kemeristekdikti juga akan memberikan bantuan serupa untuk mahasiswa korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu,” tegasnya mantap. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: