Presiden Joko Widodo Bersepeda Mengenakan Pakaian Ala Pejuang di Hari Pahlawan

Dalam rangka memeringati Hari Pahlawan, Presiden melepas ribuan pesepeda di acara “Bandung Lautan Sepeda” di Bandung, Jawa Barat.
, Majalah Kartini | 10/11/2018 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan  yang jatuh setiap tanggal 11 November, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ribuan pesepeda pada acara “Bandung Lautan Sepeda” di Bandung, Jawa Barat (10/11). Tak hanya turut bersepeda dengan sepeda onthelnya, Presiden juga mengenakan pakaian lengkap ala pejuang tempo dulu, khususnya Bung Tomo yang kerap menjadi ikon dalam setiap peringatan Hari Pahlawan.

Lengkap dengan peci, sepatu boots kulit, tas kulit, bahkan pistol replika, Jokowi menggowes sepeda onthel dengan sesekali menyapa masyarakat dengan tersenyum dan melambaikan tangan. Rute acara bersepedia ria tersebut sepanjang 5,6 kilometer dengan melintasi Gedung Sate-Jalan Merdeka-Jalan Lembong-Jalan Asia Afrika-Jalan Sudirman-Jalan Pasir Kaliki-Jalan Pasteur-Jalan Wastu Kencana-Jalan Purnawarman-Jalan Cikapayang-Jalan Surapati, kemudian kembali ke kawasan depan Gedung Sate. Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Seskab Pramono Anung, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Usai acara, Jokowi sempat menghampiri media untuk memberi komentar seputar pakaian yang dikenakannya. “Ini kan Hari Pahlawan, 10 November, jadi suasana di tahun-tahun ’45 di masa-masa perjuangan suasana itu yang kita munculkan,” ujar Presiden Jokowi.

Beliau juga berpesan kepada masyarakat agar terus bersemangat dalam membangun bangsa. Semangat membangun itu telah dicontohkan oleh para pejuang kemerdekaan dulu. “Semangat untuk membangun negara, untuk terus membangun negara, semangat-semangat pahlawan dulu juga sama. Semangat untuk merdeka, setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara, semangat untuk membuat Indonesia maju,” imbuhnya mantap. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: