Presiden Joko Widodo Akan Pindahkan Ibu Kota ke Luar Pulau Jawa

Wacana pemindahan ibukota mulai kembali dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.
, Majalah Kartini | 30/04/2019 - 08:00
joko widodo

                                                                               Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Senin 29 April 2019, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas di kantor keperesidenan guna membahas wacana pemindahan ibukota. Seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com, dalam rapat tersebut, turut hadir pula Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa, dalam rapat tersebut Presiden Joko Widodo menyatakan akan memindahkan ibukota ke luar pulau jawa. “Presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan ibukota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini dan tentunya akan dilanjutkan dengan rapat terbatas berikutnya,” jelas Bambang.

Baca Juga : Butuh Penyeimbang, 2019 Palangkaraya Akan Jadi Ibu Kota Negara?

Pemindahan ibukota ini didasari oleh sederet faktor, di antaranya adalah kepadatan penduduk. Melanjutkan gagasan pemindahan, Bambang menyatakan bahwa saat ini beberapa wilayah tengah dipertimbangkan untuk menjadi calon ibukota baru. Menurut Bambang setidaknya ibu kota barus harus berada di lokasi yang strategis dan berada di tengah wilayah Indonesia.

“Tengah ini adalah memperhitungkan barat ke timur atau utara ke selatan. Untuk merepresentasikan keadilan dan mendorong percepatan khususnya wilayah timur Indonesia. Jadi kita dorong ibukota yang Indonesia sentris,” jelas Bambang.

Tidak hanya berada di lokasi yang strategis, ibukota baru harus bebas bencana alam atau setidaknya minim resiko bencana. Seperti bencana gempa bumi, kebakaran hutan, gunung berapi, tsunami, dan banjir serta bebas dari pencemaran lingkungan.

Meski beberapa kriteria calon ib kota baru telah disebut, Bambang mengatakan belum memiliki nama wilayah atau daerah yang akan menjadi calon ibu kota baru. “Tadi tidak membicarakan lokasi sama sekali dan spesifik, dan ini beneran, bukan hanya ke wartawan, tadi beneran tidak dibahas soal lokasi, jadi jangan buat cerita,” ujarnya.

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: