Polres Ciamis Kawal Massa GNPF yang Berjalan Kaki ke Jakarta

Tidak ada bus yang bersedia mengangkut massa ke Jakarta, akhirnya mereka meneruskan tekad dengan berjalan kaki.
, Majalah Kartini | 30/11/2016 - 11:30

MajalahKartini.co.id – Massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI berjalan kaki dari Ciamis ke Jakarta demi mengikuti aksi bela Islam jilid III yang akan dilakukan pada tanggal 2 Desember 2016 mendatang. Dari Masjid Agung Ciamis sebagai titik awal perjalanan mereka sejak Senin (28/11). Dengan pengawalan dari 50 personel polres Ciamis, para polisi memakai sepeda roda dua dan motor patroli.

“Kita memang sengaja tidak mengawal menggunakan mobil karena takut macet. Makanya kita kawal pakai motor dan sepeda roda dua,” terang Kapolres Ciamis, AKBP Didi Hayamansyah. Hingga saat ini, pejalan kaki tersisa 86 orang yang masih sanggup berjalan menuju Jakarta dan diikuti oleh 300 para santri dari Ciamis.

Dengan membawa tas punggung yang berisi sajadah, Al Quran dan bekal makanan, diantaranya juga menggunakan caping serta tongkat. Untuk barisan depan membawa bendera merah putih. “Tidak jadi sampai 10ribu orang, 86 orang merupakan tim intinya saja dan diikuti oleh para santri yang jumlahnya 300 orang jadi terlihat banyak,” tambah Didi.

Banyak pula pejalan yang kembali pulang ke Ciamis karena ada yang berjalan sejauh 2 kilo saja sudah tidak sanggup. Mengingat akan hal itu, Didi menghimbau kepada seluruh massa pejalan kaki untuk mengurungkan niatnya melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Selain memiliki jarak tempuh yang sangat jauh, kesehatan mereka juga sangat penting.

Rabu (30/11) pagi tadi, massa sudah memasuki kawasan Nagrek. Sedangkan, jarak tempuh Ciamis ke jakarta sendiri diperkirakan sekitar 300 kilometer. Massa terus bergerak menuju Jakarta. Beberapa pondok pesantren akan mereka gunakan sebagai tempat istirahat. Hal ini sudah dipersiapkan dan pihak pondok pesantren pun akan menerima mereka. (Evi Indria/Foto: infomenia.net)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: