Perlukah Urungkan Niat ke Singapura karena Ancaman Cacar Monyet?

Penyakit cacar monyet atau monkeypox yang berasal dari virus langka hewan primata telah masuk ke negara Singapura.
, Majalah Kartini | 14/05/2019 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Penyakit menular cacar monyet atau yang biasa disebut sebagai monkeypox telah menjangkit Singapura pada 28 April lalu. Seorang warga negara Nigeria menjadi orang pertama yang membawa penyakit itu masuk ke dalam Singapura.

Foto: Hellosehat

Seperti yang dikutip dari beritagar.id, setelah menjalani pemeriksaan, pada Rabu (8/5/19) kemarin, warga negara Nigeria ini dinyatakan positif terinfeksi cacar monyet. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) kemudian mengidentifikasi 18 peserta dan seorang staf lokakarya. Ada pula empat karyawan hotel yang melakukan kontak langsung terhadap warga Nigeria tersebut.

“Sebagai tindakan pencegahan, mereka akan dikarantina dan diawasi selama 21 hari sejak hari pertama mereka terlibat kontak dengan pasien,” tambahnya.

Belum Ada Himbauan Kemenlu

Berkaitan dengan adanya virus cacar monyet di Singapura, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) hingga saat ini belum mengeluarkan imbauan bagi warga negara Indonesia yang hendak melakukan perjalanan ke Singapura, atau kebijakan terkait penyakit ini.

Meski begitu, pemerintah Kota Batam kepulauan Riau telah mengantisipasi agar virus ini tidak masuk ke wilayah Indonesia. “Saya sudah berbincang dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), untuk menyiagakan alat pendeteksi panas tubuh, sebagai langkah antisipasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusumarjadi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacar monyet merupakan suatu penyakit yang disebabkan virus langka yang umumnya terdapat di area terpencil Afrika Tengah dan Barat. Virus langka ini berasal dari hewan primata atau hewan pengerat yang dapat tertular ke manusia.

Cacar monyet memiliki gejala yang sama dengan cacar, namun memiliki tingkat bahaya yang berbeda. Seperti yang dilansir dari beritagar.id, tingkat kematian pada penyakit cacar berada di angka 30 persen. Sedangkan angka kematian pada penyakit cacar monyet berada di angka 10 persen.

Baca Juga: Waspada Epidemi Cacar Monyet

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: