Siap Gantikan Jakarta, Ini Dia Daftar Calon Ibu Kota Baru

Sederet nama telah keluar menjadi kandidat terkuat untuk gantikan posisi Jakarta sebagai ibu kota. Kesemuanya dinilai telah memenuhi syarat.
, Majalah Kartini | 13/05/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Usulan nama-nama ibu kota baru kini menjadi topik hangat yang kerap diperbincangkan. Sederat nama-nama pun keluar menjadi kandidat untuk menjadi pengganti Jakarta. Lokasi yang strategis hingga pembangunan infrastruktur yang memadai, menjadi salah satu nilai yang dipertimbangkan untuk menentukan ibu kota baru.

ibu kota

                                                                      Foto: Instagram @jokowi

Baru-baru ini, beberapa kota di pulau Kalimantan didapuk menjadi kandidat yang paling kuat untuk menggantikan kota Jakarta. Seperti yang dikutip dari bbc.com, Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas, Katingan dan Kota Palangkaraya, di Kalimantan Tengah menjadi kandidat terkuat untuk gantikan kota Jakarta.

Nama-nama Kandidat

Menurut Bambang Brodjonegoro, wilayah Kalimantan memenuhi syarat untuk menjadi ibu kota baru karena paling kecil terkena dampak resiko bencana. Selain pulaunya aman dari bencana, masing-masing kabupaten atau kota juga memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya seperti kawasan Bukit Soeharto.

Jokowi menyebutkan, kawasan Bukit Soeharto, yang berada di Kabupaten Kutai Kertanegara memiliki keunggulan, yakni kelengkapan infrastruktur pendukung yang telah tersedia di sekitar kawasan.

“Di sini semuanya sangat mendukung. Kebetulan ini di tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan. Dan kita lihat di Samarinda ada aiportnya, di Balikpapan ada airportnya, udah nggak buat airport lagi, sudah ada dua,” jelas Jokowi.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Akan Pindahkan Ibu Kota ke Luar Pulau Jawa

Untuk lokasi lain, seperti Kabupaten Katingan dan Gunung Mas dinilai juga siap menggantikan kota Jakarta. Karena telah memiliki lahan yang cukup luas. Seperti yang telah diketahui, Kabupaten Gunung Mas telah memiliki lahan seluas 300 hektar. Meski telah memiliki lahan yang cukup memadai, Kabupaten Gunung Mas masih dalam proses penilaian soal kelayakan.

Sedangakan untuk kota Palangka Raya, sebetulnya telah masuk ke dalam visi Presiden Soekarno. Ia ingin menjadikan kota ini sebagai ibu kota Indonesia pada tahun 1950-an. Kota yang memiliki luas empat kali kota Jakarta ini dinilai mampu untuk menjadi kandidat ibu kota yang baru. Meski beberapa kabupaten dan kota telah memiliki keunggulan masing-masing, beberapa aspek masih banyak yang perlu dipertimbangkan.

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: