Polemik Iklan Produk Pangan Bayi dan Anak Usia di Bawah 3 Tahun

Pemerintah diminta memperkuat peraturan/ kebijakan pemasaran produk pangan anak sesuai pedoman teknis demi kepentingan kesehatan masyarakat khususnya anak-anak.
, Majalah Kartini | 27/07/2017 - 16:01

Polemik Iklan Produk Pangan Bayi dan Anak Usia di Bawah 3 Tahun

MajalahKartini.co.id – Pada tahun 1981 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan sebuah resolusi dalam bentuk Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI yang merekomendasikan negara-negara anggota untuk menerapkan pengaturan pemasaran produk pengganti ASI. Hal ini untuk memastikan agar ibu dapat memberikan ASI secara optimal dan bila diperlukan, pengganti ASI yang aman dapat
digunakan.

Sejumlah resolusi dalam Sidang Kesehatan Dunia (World Health Assembly/ WHA) pada tahun-tahun selanjutnya telah menjelaskan dan menguatkan beberapa ketentuan dari Kode ini. Pada WHA tahun 1986 dinyatakan bahwa praktek pemberian susu formula lanjutan (follow-on milk) tidak diperlukan. Selain itu WHO menegaskan bahwa selain tidak diperlukan, follow-on formula tidak cocok bila digunakan sebagai pengganti ASI pada anak usia 6 bulan.

Pada WHA tahun 2001, WHO mengeluarkan sebuah resolusi yang menyatakan bahwa bayi harus mendapatkan ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan untuk kesehatan dan tumbuh kembang yang optimal. Ibu harus terus mendapatkan dukungan yang tepat dari semua pihak untuk tetap bisa menyusui setelah anak berusia 6 bulan hingga anak berusia 2 tahun atau lebih sambil memberikan makanan pendamping ASI yang aman dan tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Polemik Iklan Produk Pangan Bayi dan Anak Usia di Bawah 3 Tahun1

Pada tahun 2010, forum WHA juga mengeluarkan resolusi yang menyatakan bahwa promosi produk pengganti ASI dan makanan komersil untuk bayi dan anak telah menghalang-halangi kemajuan dalam pemberian makan bayi dan anak yang optimal. Forum WHA pada tahun tersebut juga mengimbau kepada produsen dan distributor makanan bayi dan anak untuk mematuhi kewajiban mereka terkait.

Kode Internasional Pemasaran Produk Pengganti ASI dan resolusi WHA terkait yang menyertainya. Dalam dokumen WHO yang dikeluarkan pada tanggal 17 Juli 2013, secara jelas dinyatakan bahwa ASI tetap menjadi cairan terbaik dan paling tepat, dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari makanan untuk anak usia 6-24 bulan. Pada akhir Mei 2016, WHA kembali mengeluarkan resolusi 69.9 tahun 2016 yang menyerukan negara-negara anggota PBB untuk mengakhiri promosi yang tidak bertanggung jawab dari produk makanan bayi dan anak usia di bawah 3 tahun, termasuk susu formula pertumbuhan di atas 1 tahun.

Anggota Presidium Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak (GKIA), Candra Wijaya memaparkan regulasi dan sanksi pemerintah terhadap dunia usaha berperan besar meredam konflik kepentingan seputar menyusui. “Usaha-usaha marketing formula maupun makanan pengganti ASI yang tidak mengikuti peraturan harus ditindak tegas karena korbannya adalah kesehatan bayi dan anak-anak Indonesia,” ujar Candra di acara konferensi pers Pekan ASI Sedunia 2017 yang digelar Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Kamis, (27/7). (Foto: Ecka/Grafis: GKIA)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: