Pertama Kalinya, Kepolisian RI Akan Gelar Perkara untuk Ahok

Menghindari perasaan curiga, pihak kepolisian akan melakukan gelar perkara terbuka untuk Ahok terkait dugaan penistaan agama.
, Majalah Kartini | 08/11/2016 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Kepolisian Republik Indonesia akan melakukan gelar perkara terbuka terhadap calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok pekan depan. Gelar perkara itu dilakukan terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Gekar perkara terbuka, kata Analis Kebijakan Madya Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Rikwanto, merupakan suatu yang baru dan pertama kali dilakukan. “Nanti kita juga akan buat design setting-nya dan sedang berjalan prosesnya,” ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Sening (7/11) kemarin.

Tim pelaksana gelar perkara, tambah Rikwanto, itu sudah terbentuk. Tim sedang merumuskan mekanisme pelaksanaan gelar perkara hingga siapa saja yang akan diundang. Selain itu, mekanisme media dalam meliputpun masih dalam penggodokan. “Bagaimana liputan (media) mekanismenya sedang kita godok,” ucapnya.

Rikwanto menjelaskan bahwa gelar perkara terbuka yang akan dilakukan merupakan niat baik dan membuat terang. Selain itu agar semua pihak bisa melihat fakta yang ada. Selain itu, gelar perkara terbuka ini juga dilakukan untuk menghindari perasaan curiga beberapa pihak terhadap pelaksanaan proses hukum di kepolisian. (Sopan Sopian/Foto: ANT FOTO/Hafidz Mubarak)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: