Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN Bakal Diubah

Jika pemerintah meniadakan UN pada tahun depan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN otomatis akan berubah.
, Majalah Kartini | 29/11/2016 - 13:30

MajalahKartini.co.id – Terkait rencana penghapusan UN (Ujian Nasional) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka perguruan tinggi negeri pun akan mengubah komponen penilaian dalam penerimaan mahasiswa baru. Bahkan, dijelaskan oleh Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof Warsono, bila pemerintah meniadakan UN pada tahun depan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN otomatis akan berubah.

“Jika rencana penghapusan terwujud, tinggal kita hapus penilaian tentang nilai UN. Penghapusan bisa dilakukan secara sistemik,” terangnya. Dia menambahkan bahwa sekarang ini pihaknya masih menunggu petunjuk dari pusat untuk detail implementasinya. “Tidak lama lagi soal UN ini dibahas di rapat terbatas oleh presiden. Kita menunggu saja,” katanya.

Sementara itu, Rektor universitas Airlangga (Unair), Prof Moh Nasih menyatakan, rencana penghapusan UN tidak akan berdampak besar terhadap SNMPTN karena ketika SNMPTN berlangsung tidak banyak data UN yang masuk. “Terbitnya nilai UN biasanya terlambat satu hari dengan pengumuman SNMPTN. Bagaimana pakainya?,” katanya.

Terkait komponen penilaian SNMPTN yang merangking mata pelajaran yang di-UN-kan, pihaknya bisa melanjutkan yang sudah ada. Ini terkait dengan perkuliahan calon mahasiswa ke depannya. Sementara, bobot penilaian UN yang masuk SNMPTN, tinggal hapus saja jika tidak digunakan pemerintah. (Evi Indria/Foto: )

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: