Kompensasi BPJS Belum Menjamin Kualitas Layanan Rumah Sakit

Tarif kompensasi BPJS bagi dokter praktik swasta dinilai belum memadai.
, Majalah Kartini | 29/08/2016 - 15:00

layanan BPJS

MajalahKartini.co.id – Saat ini tarif kompensasi BPJS bagi dokter praktik swasta hanya Rp8.000 per orang tiap bulannya, dan jumlah tersebut dinilai belum memadai. Sebagian besar tarif case-based groups atau yang dikenal sebagai CBG yang diterima rumah sakit swasta juga belum memadai, sehingga pada praktiknya seringkali banyak rumah sakit mengakali dengan menurunkan kualitas layanan bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Kami juga mengharapkan BPJS menambah kerja sama dengan Asuransi Kesehatan lainnya. Saat ini BPJS Kesehatan telah memberlakukan skema koordinasi manfaat atau yang disebut sebagai Coordination of Benefit (CoB) yang membuka pintu yang lebar bagi peserta untuk mendapatkan maanfaat yang lebih, khususnya dalam hal manfaat non medis,” jelas Dr. dr. Rachmat Sentika dalam diskusi publik “When Economics and Health Meet: Pembiayaan Kesehatan dan JKN yang Berkualitas serta Berkesinambungan” di Jakarta, Sabtu (25/8).

Lebih lanjut ia menjelaskan, skema COB ini dapat meningkatkan pelayanan bagi peserta yang mampu membayar lebih dengan membeli asuransi kesehatan tambahan. Sampai saat ini terdapat lebih dari 30 perusahaan asuransi swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Tantangan layanan kesehatan yang merata di seluruh wilayah Indonesia tidak akan selesai hanya dengan menaikkan premi peserta JKN. H Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS Direktur Utama RS Kanker Dharmais Jakarta, berpendapat bahwa pemerintah Indonesia juga memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang didapatkan oleh pasien dan bukan semata-mata jumlah populasi masyarakat yang diproteksi.(Foto : Istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: