Kecelakaan Kereta Komuter di New Jersey Melukai Ratusan Orang

Dengan kecepatan tinggi kereta menabrak jalur pemberhentian di stasiun Hoboken,
, Majalah Kartini | 30/09/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Pada puncak jam sibuk pagi Kamis,(29/09), sebuah kereta komuter menabrak stasiun di New Jersey, kejadian ini menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai lebih dari 100 orang lainnya. Saksi mata menggambarkan adegan menakutkan tersebut, dengan kecepatan tinggi kereta menabrak jalur pemberhentian di stasiun Hoboken, kemudian menjatuhkan kolom penyangga atap stasiun sehingga menciptakan situasi tak kondusif di salah satu pusat tersibuk di wilayah New York City.

Dengan adanya musibah ini selaku Gubernur New Jersey Chris Christie mengatakan pada konferensi pers di Hoboken bahwa satu orang telah tewas di antara serpihan puing-puing dari kecelakaan itu, dan dia mengatakan korban luka berjumlah 108 orang. tambahnya. Kondisi teknisi kereta atau masinis, dalam kondisi terluka parah dan dilarikan ke rumah sakit, penyelidikan kecelakaan tersebut sedang dilakukan oleh aparat penegak hukum.ungkap Christie

Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan dalam jumpa pers bahwa jelas kereta tiba ke stasiun “pada tingkat kecepatan yang terlalu tinggi,” tetapi belum jelas mengapa. Beberapa ratus petugas darurat keluar masuk memberikan pertolongan, beberapa membawa yang terluka dengan tandu sementara ambulan menunggu di luar.

Pejabat di dua rumah sakit menyampaikan bahwa korban cedera berada dalam kondisi kritis. Semua penumpang awalnya terjebak dalam reruntuhan, saksi dan pejabat mengatakan, tetapi mereka kemudian langsung diselamatkan. Masih belum diketahui penyebab kecelakaan kereta ini terjadi tim penyelidik federal berada di tempat kejadian untuk olah TKP.

Stasiun Hoboken merupakan perhentian terakhir kereta pada jalur yang dilayaninya, stasiun ini terletak di tepi barat Hudson seberang New York City. stasiun biasa digunakan oleh banyak komuter menuju Manhattan dari New Jersey dan lebih jauh. Linda Albelli, 62, saksi kejadian menjelaskan bahwa dirinya sedang duduk di salah satu gerbong belakang ketika kereta mendekati stasiun. Dia bilang dia tahu ada yang salah saat sebelum kejadian.

“Saya berpikir, ‘Ya Tuhan, dia tidak memperlambat laju kecepatannya, dan ini adalah di mana kita biasanya berhenti,” kata Albelli. Penumpang lain saling membantu ke platform di mana korban yang cedera duduk di bangku-bangku dan mereka menunggu pertolongan pertama, kata Albelli, yang tinggal di Closter, New Jersey.

Kecelakaan Hoboken merupakan yang terbaru dalam serangkaian kecelakaan fatal kereta api di Amerika Serikat. Terburuk dalam beberapa tahun terakhir melibatkan sebuah kereta Amtrak yang jatuh di Philadelphia Mei 2015, menewaskan delapan orang dan melukai lebih dari 200, demikian Reuters melaporkan. (Foto: BBC)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: