Kapal Perang Italia Merapat di Tanjung Priok

Sejumlah pejabat TNI AL menyambut kedatangan kapal perang tersebut.
, Majalah Kartini | 10/03/2017 - 15:01

Kapal Perang Italia Merapat di Tanjung Priok

MajalahKartini.co.id – Kapal perang kelas fregat Angkatan Laut Italia, ITS Carabiniere F-593, merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Hal ini merupakan kedatangan yang kedua kalinya, setelah 20 tahun yang lalu ITS Artilieri hadir di pelabuhan yang sama.

Misi muhibah ITS Carabinieri kali ini adalah menjalin persahabatan antara Angkatan Laut Italia dengan TNI AL selain misi diplomasi negara serta mengenalkan berbagai sistem kesenjataan dan pendukung lain dari berbagai pabrikan Italia. ITS Carabinieri F-593 dibuat galangan kapal Fincantieri, Italia, pada Maret 2014. Misi ITS Carabinieri kali ini dipimpin komandannya, Commander Fransesco Pagnotta. Sejumlah pejabat TNI AL menyambut kedatangan kapal perang kelas fregat berbobot mati 6.000 ton dengan panjang 144 meter itu.

Pagnotta memberi cara baru angkatan laut beroperasi bisa untuk keperluan misi perang ataupun kemanusiaan karena ITS Carabinieri F-593 itu terlibat juga dalam operasi kemanusiaan mengangkut pengungsi Timur Tengah di Laut Mediterania. Kapal tersebut juga terdapat berbagai sistem persenjataan canggih. Ada dua helikopter anti kapal selam NH 90 atau satu helikopter angkut berat EH 101 Merlin.

Indonesia memiliki kerja sama dengan industri pertahanan Italia dalam bidang pertahanan, khususnya bidang persenjataan kapal, di antaranya meriam kapal 76 milimeter Oto Melara buatan Italia. Di dalam medan penugasan, kerja sama TNI AL dan Angkatan Laut Italia telah terjalin baik, di antaranya di palagan penugasan di Lebanon dalam misi operasi penjaga perdamaian dari United Nations Interim Force In Libanon (UNIFIL). (Foto: Detik)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: