Jaksa Penuntut Umum Tuntut Jessica 20 Tahun Penjara

Berdasarkan banyak keterangan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut 20 tahun penjara terhadap terdakwa Jessica.
, Majalah Kartini | 06/10/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Agenda persidangan terdakwa Jessica ke-27 adalah mendengarkan tuntuan jaksa penuntut umum (JPU), dalam persidangan perkara tewasnya Wayan Mirna Salihin jaksa penuntut umum akhirnya menuntut Jessica Kumala Wongso dengan hukuman 20 tahun penjara. Hal itu disampaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/10)).

Jalannya sidang Jaksa Meilani memaparkan beberapa hal “Pertama, menyatakan terdakwa Jessica alias Jessica Kumala Wongso alias Jess terbukti bersalah telah melakukan tindakan pembunuhan yang direncanakan sebagaimana diatur dalam pasal 340 KUHP,”.

Lebih lanjut “Kedua, menjatuhkan Pidana terhadap terdakwa Jessica alisan Jessica Kumala Wongso alias Jess dengan pidana penjara 20 tahun dikurangi masa terdakwa berada di dalam tahanan,”. Jaksa kemudian menambahkan Jessica dibebankan biaya perkara sebesar Rp5.000,-.

Jaksa menerangkan keputusan itu berdasarkan fakta dan bukti yang disampaikan secara sah dan meyakinkan dalam persidangan. “Serta telah memenuhi perbuatan pidana pembunuhan dengan cara sebagaimana yang telah didakwaan dalam dakwaan tersangka 340 KUHP,” kata Jaksa.

Lebih lanjut, jaksa mengatakan selama pemeriksaan dan persidangan telah diungkapkan kesalahan-kesalahan terdakwa dan tidak ada hal yang bisa dijadikan dasar untuk membebaskan Jessica dari pertanggungjawaban pidana.

“Apapun tidak didapatkan alasan-alasan pembenaran atas perbuatan terdakwa. Oleh karena itu terdakwa harus mempertanggung jawabkan dan dijatuhi hukuman yang setimpal dengan perbuatannya,” pungkas jaksa.

Setelah mendengar tuntutan jaksa penutut umu (JPU) Jessica Kumala Wongso, terdakwa perkara kematian Wayan Mirna Salihin, menyatakan akan mengajukan nota pembelaan atau pledoi atas tuntutan 20 tahun penjara.

Pada persidangan yang berlangsung kemarin selama sembilan jam, jaksa membacakan berkas tuntutan sebanyak 287 lembar, jaksa berketetapan untuk memberikan tuntutan hukuman 20 tahun penjara dikurangi masa tahanan kepada Jessica atas tewasnya Wayan Mirna Salihin.

Majelis hakim kemudian bertanya pada tim penasehat hukum apakah akan membuat pleidoi atas tuntutan dari jaksa terhadap Jessica. Menanggapi hal itu majelis hakim memberikan waktu selama satu pekan kepada pihak Jessica untuk menyiapkan pleidoi.

“Nota pembelaan dari terdakwa maupun dari penasehat hukum pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2017. Sidang yang akan datang adalah hari Rabu, tanggal 12 Oktober 2017, dengan nota pembelaan dari terdakwa. Demikian sidang ditunda,” kata Kisworo selaku ketua majelis hakim.

Dalam kasusnya Jessica didakwa atas meninggalnya Wayan Mirna Salihin di RS Abdi Waluyo setelah meminum es kopi vietnam yang dipesan Jessica di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016. (Foto: ANT FOTO/Wahyu Putro)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: