Enam Perempuan Tewas Terinjak di Festival Keagamaan India

Dalam festival panen Makar Sakranti, sekitar 1,5 juta orang menceburkan diri di sungai.
, Majalah Kartini | 17/01/2017 - 19:30

20170116makar_crop_640x357

MajalahKartini.co.id – Enam perempuan tewas terinjak-injak di India timur pada Minggu (15/01) ketika para penganut Hindu kembali dari sebuah festival keagamaan untuk bergegas ke sebuah dermaga, kata seorang menteri.

Sekitar 1,5 juta orang berkumpul di Gangasagar di negara bagian Bengal Barat untuk menceburkan diri ke sebuah sungai yang dianggap suci oleh umat Hindu dalam festival panen Makar Sakranti.

Para peziarah tersebut sedang dalam perjalanan kembali dari festival yang berlangsung selama dua hari itu ketika insiden penginjakan tersebut terjadi, kata menteri setempat Manturam Pakhira kepada AFP.

“Enam wanita tewas dalam insiden tersebut ketika mereka berusaha menyeberangi sebuah dermaga dekat Gangasagar,” kata Pakhira.

Sekitar 10 orang lainnya cedera ketika para peziarah itu bergegas menaiki kapal untuk mencapai Kolkata, ibu kota negara bagian itu, tambahnya.

Para pekerja penyelamat meluncurkan sebuah operasi untuk mencari orang-orang yang kemungkinan jatuh ke sungai saat insiden itu terjadi, lapor kantor berita Press Trust of India (PTI).

Ribuan peziarah dari seluruh India berkumpul setiap tahun di Gangasagar, tempat sungai Gangga mengalir ke laut, untuk membawa air suci dan berdoa di kuil dewa Hindu Kapil Muni.

Insiden terjadi sehari setelah kapal kelebihan penumpang tenggelam di Sungai Gangga di sekitar negara bagian Bihar, menewaskan setidaknya 26 orang yang kembali dari perayaan festival Makar Sakranti.

Tewasnya orang terinjak-injak dalam festival keagamaan di India sebenarnya bukanlah hal baru, tahun lalu 24 orang tewas setelah terinjak-injak di kota suci Hindu Varanasi.(ANT/Foto: (REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: