Desember Ini, Perppu Tentang Kebiri Sudah Bisa Keluar

Perppu tentang kebiri diharapkan bisa segera keluar dan disahkan sebagai Undang-undang.
, Majalah Kartini | 30/11/2016 - 17:30

MajalahKartini.co.id – Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wahyu Hartomo mengatakan mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak akan segera keluar Undang-Undang tersebut setelah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada bulan Oktober lalu. Wahyu mengungkapkan akan ada dua PP yang akan dikeluarkan pemerintah tentang bagaimana eksekusi hukuman kebiri sebagai bagi dari rehabilitasi.

Dirinya juga mengatakan hukum tersebut diberikan bukan semata-mata tentang hukuman, akan tetapi sebagai bentuk dari rehabilitasi. “Saya kira bulan Desember ini sudah bisa keluar, karena sudah 90 persen dibahas,” ujarnya di Jakarta Rabu (30/11). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berharap Desember ini Perppu tersebut bisa segera keluar dan disahkan sebagai Undang-Undang.

Jika sudah keluar, Wahyu Hartomo menuturkan Kementrian PP dan PA akan melakukan sosial besar-besaran. “Kita sudah setujui dengan DPR komisi VIII dan segera akan kita anggarkan,” lanjut Wahyu. Hukuman tersebut menurutnya, agar memberi efek jera kepada pelaku dengan adanya hukuman tambahan dan pemberatan.

Sekretaris Menteri itu juga berharap penegak hukum harus komitmen dan konsisten sesuai dengan yang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak harapakan dan pro terhadap korban. Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan ke 2 atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Perppu ini juga mengatur mengenai hukuman kebiri kimia bagi penjahat seksual. (Foto: Nature)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: