Retno Marsudi Pimpin Sidang DK PBB, Delegasi Asing Pakai Batik

Batik banyak digunakan oleh para delegasi asing saat Retno Marsudi memimpin sidang Dewan Keamanan (DK) PBB di New York.
, Majalah Kartini | 09/05/2019 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Selasa (7/5/2019), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memimpin sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) di New York, Amerika Serikat. Ini sebagai tindak lanjut terpilihnya Indonesia sebagai salah satu negara  yang resmi menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Masa berlaku keanggotaan ini adalah selama dua tahun.

batik

Foto: Istimewa

Selama bulan Mei 2019, Indonesia pun akan memegang jabatan sebagai presidensi di DK PBB. Tugasnya tak lain adalah untuk memimpin jalannya sidang. Sidang perdana Retno bertajuk “Menabur Benih Perdamaian: Meningkatkan Keselamatan dan Kinerja Misi Pemeliharaan Perdamaian (MPP) PBB”. Ternyata sidang perdana ini diwarnai dengan aksi unik.

Sejumlah delegasi asing yang hadir sebagai peserta sidang menggunakan pakaian batik khas Indonesia. Corak dan warnanya pun beragam. Dikutip dari VOA Indonesia, Retno yang saat itu juga mengenakan batik mengaku kaget dengan adanya penampakan yang unik tersebut.

Baca juga : Inilah Tiga Motif Batik Terpopuler di Indonesia

Surprise juga dan sangat menyenangkan. Dalam sidang DK PBB saya kira sebagian besar dari negara anggota PBB termasuk Sekjennya mengunakan kain Bali, Cantik dan colourful,” ujarnya.

Salah satu delegasi dari Afrika Selatan, Marthinus van Schalkwyk mengatakan alasan mengapa mereka mengenakan batik. Tak lain dilakukan sebagai cara yang manis menunjukan solidaritas untuk Indonesia.

Tidak hanya itu, Marthinus menambahkan bahwa mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela punya banyak kemeja batik yang juga menjadi salah satu ciri khasnya.

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: