Bandara Kertajati Ditargetkan Operasional Pertengahan 2018

Pemerintah awalnya menargetkan operasional bandara Kertajati awal tahun 2018.
, Majalah Kartini | 24/02/2017 - 18:01

Bandara Kertapati Ditargetkan Operasional Pertengahan 2018

MajalahKartini.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, menargetkan Bandara Internasional Jawa Barat, di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan di operasikan pada pertengahan 2018. “Yang paling utama ialah kesepakatan untuk menetapkan pertengahan 2018 itu sudah bisa dioperasikan,” kata Sumadi, saat meninjau pembangunan BIJB, di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (24/2).

Saat ini Jawa Barat hanya memiliki satu bandara besar, yaitu Bandara Internasional Husein Sastranegara di tengah kota Bandung (dahulu Pangkalan Udara Andir), yang sudah dikepung perumahan. Bandara itu sudah tidak mampu lagi melayani lonjakan jumlah pengguna jasa penerbangan dari dan menuju sana.

Sumadi membantah pendapat tentang pembangunan Bandara Kertajati terkesan lamban. “Proyek ini (pembangunan Bandara Kertajati) proyek besar dan menurut saya tidak lama, yang lama itu pembebasan tanah, membangunnya tidak lebih dari tiga tahun, masih ukuran normal,” kata dia.

Dirinya juga berterima kasih pada Gubernur Jawa Barat dan Bupati Majalengka terkait pola pembiayaan yang digunakan dalam pembangunan Bandara Kertajati. “Ini menjadi pola pembangunan kerjasama antara pusat dan daerah. Formatnya tadinya APBN, tapi ada kreativitas gubernur Jawa Barat; didanai APBN dan dikombinasikan investasi swasta,” kata dia. (Foto: CirebonMedia)

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: