Perempuan Punya Kabin Khusus di Pesawat India

Kursi yang tersedia masih terbatas, hanya berjumlah enam kursi di baris ketiga.
, Majalah Kartini | 18/02/2017 - 09:00

Kabin Perempuan AIr India

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MajalahKartini.co.id – Jika di Indonesia punya ruang khusus perempuan di Bus Transjakarta dan Commuterline, India memiliki di pesawat. Maskapai Air India mempunyai ruang khusus perempuan untuk menghindari pelecehan seksual. “Sebagai maskapai nasional, keamanan penumpang perempuan merupakan tanggung jawab kami,” kata Humas Air Indonesia Meenakshi Malikseperti yang dilansir dari Times of India.

Kebijakan ini muncul setelah dua laporan penumpang perempuan yang mengalami pelecehan di pesawat selama dua pekan. Area perempuan ini ditawarkan secara online tanpa tambahan biaya. Sayangnya, kursi yang tersedia masih terbatas, hanya berjumlah enam kursi di baris ketiga.

Namun, niat Air India itu banyak yang menanggapi negatif karena dianggap seksis. D. Sudhakara Reddy dari Air Passengers Association of India mengatakan kursi khusus perempuan dianggap sebagai peraturan yang tidak praktis dan hanya akan menimbulkan diskriminasi gender. Menurut dia, perbaikan harusnya ada di pikiran laki-laki agar tak melakukan pelecehan kepada perempuan.

Di sisi lain, ini Air India juga pernah mendapatkan kritik atas kesetaraan gender. Tahun 2015, Air India dikritik karena menolak ratusan calon pramugari karena berat badan di atas standar.

(Foto: Air India)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: