Perempuan Harus Aktif Periksa Payudara Sendiri

Menyambut hari kanker payudara, perempuan diimbau untuk lebih aware lagi memeriksa sendiri payudara mereka.
, Majalah Kartini | 10/10/2016 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Masih banyak perempuan yang menhiraukan kesehatan mereka termasuk kesehatan payudara mereka, setelah keadaan semakin memburuk baru beranjak periksa. Hal itu disampaikan oleh dr Nadia Ayu Mulansari pada rangkaian acara ‘Breast Cancer Awareness Campaign, di Jakarta, Minggu (9/10). ”Padahal jika diketahu sejak dini jika ada tanda-tanda kanker payudara bisa disembuhkan tanpa harus operasi,” ujar perempuan yang aktif di Yayasan Kanker Indonesia ini.

Dokter Spesialis Onkologi di RSCM ini menguraikan tanda-tanda awal kanker payudara adalah adanya benjolan, sekecil apapun benjolan itu muncul harus segera diperiksakan. “Langkah yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri adalah dengan SADARI atau periksa payudara sendiri secara rutin untuk mendeteksi jika ada kelainan,” ungkapnya.

Terlebih, lanjut Nadia, jika dalam riwayat keluarga memiliki penyakit kanker payudara, maka risiko terkena akan semakin besar, untuk itu disarankan periksa payudara sedini mungkin sebagai tindakan pencegahan. “Selain genetis, faktor menjaga pola hidup sehat juga berpengaruh, semakin tidak sehat maka kemungkinan berisiko kanker juga akan semakin besar,” tuturnya.

Selain melakukan SADARI, bagi perempuan yang telah menikah dan memiliki anak dengan menyusui makan akan mengurangi risiko terkena kanker payudara. Di akhir talkshow tak lupa Nadia menambahkan bahwa semakin banyak perempuan yang sadar pentingnya melakukan pemeriksaan payudara sejak awal dengan begitu angka pengidap kanker payudara juga akan semakin berkurang. (Foto: Ecka Pramita)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: