Penyebab Mata Panda & Cara Mengatasinya

Hindari mata panda yang mengurangi rasa percaya diri pada penampilan Anda.
, Majalah Kartini | 23/08/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id Lingkar hitam di bawah mata atau yang sering disebut mata panda dapat membuat tampilan wajah terlihat lelah dan kurang segar. Meski dapat disamarkan dengan produk kosmetik, namun ada beberapa tips untuk merawatnya agar lingkar hitam di bawah mata tampak berkurang, selain itu mari kenali juga penyebabnya!

Penyebab:

Waktu Tidur yang Kurang

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kusam dan pucat, memungkinkan jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit muncul. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan cairan mengalir di bawah mata Anda, menyebabkan area bawah mata tampak bengkak. Akibatnya, lingkaran hitam mengatung hadir di bawah mata Anda.

Dehidrasi

Ketika tubuh Anda tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata akan mulai terlihat kusam , bentuk mata pun terlihat lebih cekung.

Keturunan

Gen yang diturunkan dari keluarga dapat menjadi salah satu penyebab memiliki lingkar hitam di bawah mata. Namun tak hanya itu, memiliki penyakit tiroid juga dapat menyebabkan mata panda.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

  • Kompres dengan Air Dingin atau Es Batu

    Mengompres dengan air es dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar. Bungkus beberapa es batu pada kain lap bersih, lalu tempelkan ke mata panda Anda. Anda juga dapat merendam kain lap dengan air dingin dan mengompreskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama. Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau es mencair.

 

  • Posisi Kepala Lebih Tinggi saat Tidur

    Kurang tidur dapat berperan dalam memproduksi kantong gelap di bawah mata Anda, terkadang posisi tidur yang salah dapat menjadi penyebabnya. Tinggikan kepala Anda dengan beberapa bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata  yang dapat membuatnya tampak bengkak dan menggelap.

 

  • Perawatan Medis

    Untuk beberapa kasus penyebab mata panda seperti gen dan tingkat keparahan yang sudah sangat tinggi hanya dapat diatasi dengan beberapa perawatan medis yang tersedia guna mendapatkan hasil yang lebih efektif dan permanen. Namun pastikan Anda konsultasikan dulu kepada dokter yang terpercaya! (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: