Penyebab Kasus Bullying Menurut Menteri Yohana

Bagaimana Menteri Yohana menyikapi kasus bullying, khususnya di lembaga pendidikan.
, Majalah Kartini | 17/07/2017 - 19:02

Penyebab Kasus Bullying Menurut Menteri Yohana

MajalahKartini.co.id – Video bullying mahasiswa berkebutuhan khusus di Gunadarma yang jadi viral mendorong banyak pihak untuk mengevaluasi diri agar kejadian serupa tak terulang. Salah satunya adalah pendapat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, kasus bullying salah satunya menjadi tanggung jawab sekolah. “Bagaimana pihak sekolah benar-benar mengawasi kasus yang terjadi pada peserta didik mereka,” ujarnya saat ditemui usai konferensi pers Hari Anak Nasional di Kantor Kemen PPPA, Jakarta, Senin (17/7).

Yohana menegaskan bahwa tindakan bullying perlu mendapatkan solusi yang konkret, salah satunya adalah dengan menjadikan sekolah ramah anak. Dalam kurikulumnya, lanjut Yohana, memuat materi-materi salah satunya soal Hak Asasi Manusia. “Namun, jika sudah melewati batas dalam arti tindak kriminal maka perlu dipikirkan sistem peradilan anak,” tandasnya.

Yohana juga menilai bahwa penyebab kasus bullying adalah faktor ketahanan keluarga. Anak bisa melakukan kekerasan atau bullying karena terbiasa melihat adegan tersebut. “Perlu koordinasi ekstra antara pihak sekolah dan keluarga agar bisa menjembatani masalah ini,” tambahnya. (Foto:

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: