Penyakit Mahal yang Disebabkan Rokok

Orang yang sering berada di antara perokok juga terkena dampaknya.
, Majalah Kartini | 11/05/2017 - 09:05

Penyakit Mahal yang Disebabkan Rokok

MajalahKartini.co.id – Berdasarkan info dari Kementerian Kesehatan, lima penyakit berat yang disebabkan rokok menghabiskan sekitar 25 persen dana Jaminan Kesehatan Nasional. Penyakit tersebut diistilahkan menjadi penyakit katastropik atau berbiaya mahal dan berisiko tinggi karena membahayakan penderitanya.

Sesuai data kesehatan 2016, lima penyakit itu adalah serangan jantung (Rp 6,9 triliun), kanker (Rp 1,8 triliun), stroke (Rp 1,5 triliun), gagal ginjal (Rp 1,5 triliun), dan diabetes melitus (Rp 1,2 triliun). Khusus untuk jantung dan stroke, biayanya 13 persen dari total biaya layanan.

Dampak rokok memang menjadi perdebatan. Tak hanya perokok aktif, orang yang terkena asap rokok secara rutin juga banyak yang mengalami gangguan kesehatan dibanding yang tidak.

Kelompok peneliti dari Sekolah Kedokteran Universitas Maryland melakukan studi pada komunitas Amish di Pennsylvania. Komunitas ini masih mempertahankann gaya hidup tradisional, seperti tidak menggunakan ponsel atau masih hidup dari pertanian. Mereka mengumpulkan data dari fungsi paru, kesehatan jantung, dan penanda lainnya pada 3.500 partisipan untuk mengetahui bagaimana rokok mempengaruhi kesehatan perokok pasif.

Penelitian mengungkap, merokok berpengaruh negatif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah, fungsi paru, indeks massa tubuh, dan kadar kolesterol. Fakta, orang yang tidak pernah merokok juga mengalami efek serius hanya karena berada di sekitar perokok.

“Secara umum komunitas Amish merupakan populasi yang angka perokoknya sangat rendah,” kata E.Albert Reece, Dekan Univeristas Maryland School of Medicine seperti yang dilansir dari Mens Health. Laki-laki yang menjadi perokok pasif menunjukkan kadar gula darah dan juga indeks massa tubuh lebih tinggi dibanding mereka yang jarang berada di dekat asap rokok. Makin sering terpapar asap rokok, makin negatif dampaknya. (Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: