Pentingnya Dukungan Berkelanjutan agar Percaya Diri Kala Menyusui

Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurangnya dukungan terhadap Mama bisa melemahkan intensi menyusui.
, Majalah Kartini | 19/09/2016 - 16:30

MajalahKartini.co.id  Indonesia memiliki angka kelahiran yang cukup tinggi, lebih dari 4 juta per tahun. Sayangnya, data hasil Riskesdas 2013 mengungkapkan cakupan ASI di Indonesia atau ibu yang memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan hanya sebesar 42 persen, dimana angka ini masih dibawah target WHO yang mewajibkan cakupan ASI mencapai 50 persen dari angka kelahiran.

Dalam sesi talkshow dan berbagi inspirasi Lactamil Serukan Komitmen #MamaPastiBisa, Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi di Jakarta, Minggu (18/9) mengungkapkan, untuk mendukung para ibu agar dapat memberikan ASI Ekslusif bisa dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan diri ibu terutama melalui dukungan dari lingkungan sekitar seperti suami, keluarga, teman-teman, hingga kerabat di tempat kerja yang diberikan secara terus-menerus.

“Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurangnya dukungan terhadap Mama bisa melemahkan intensi menyusui, sehingga rentan gagal dan menyerah memberi ASI kepada anaknya. Intensi Mama menyusui sangat dipengaruhi oleh Papa, dibandingkan orang lain, walaupun tentunya dukungan keluarga besar, tetangga dan teman juga sangat dibutuhkan,”

Menurut dr. Anna Surti, dukungan kepada ibu bisa diterjemahkan dalam banyak aksi seperti membantu mengurus bayi dan mengerjakan tugas rumah tangga. “Dukungan juga dapat diberikan dengan mendengarkan keluh kesah dan meyakinkan Mama bahwa ia adalah Mama yang baik untuk bayinya, sehingga ia lebih semangat dalam menyusui si Kecil,” ujarnya.

ASI memiliki manfaat jangka panjang bagi si Kecil seperti mengurangi risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular saat dewasa (Horta, 2007). Sedangkan untuk Mama, ASI memilki banyak manfaat seperti mengurangi risiko stres (Groer, 2005), osteoporosis (Karlsson, 2005), dan obesitas (Kac G, 2004). (Foto : Andim)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: