Pentingnya Biasakan Anak Gemar Membaca Sejak Kecil!

Mengajarkan anak membaca tak cukup hanya di sekolah. Orangtua harus berperan aktif. Mengapa? Karena budaya membaca itu harus ditanamkan sejak dini.
, Majalah Kartini | 14/02/2019 - 15:00

MajalahKartini.co.id – Kegiatan membaca itu penting. Ada pepatah mengatakan ‘Membaca adalah jendela dunia’, memang benar adanya. Sebab, dengan membaca bermanfaat  menambah wawasan. Selain itu, membaca akan memudahkan dalam hal bersosialisasi, membuka pikiran,menumbuhkan imajinasi, serta menjadi salah satu kunci meraih prestasi dan menjadi tolak ukur kecerdasan manusia.

Namun, dalam praktiknya kegiatan membaca sulit terlaksana. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh sebab itu, harus dibiasakan sejak dini sehingga bisa terbawa sampai dewasa nanti.

Watiek Ideo, penulis buku anak best-seller membagikan tip untuk kalian para orangtua. Kepeduliannya terhadap membaca terutama anak-anak ia wujudkan ke dalam buku. Sampai saat ini, ia telah menerbitkan buku kurang lebih sebanyak 160 buku. Itu adalah salah satu wujud kecintaannya terhadap dunia baca anak. Berikut tip dari Watik Ideo, mari simak!

  1. Jangan menunggu anak bisa membaca untuk mengenalkannya pada buku. Semakin dini anak dibacakan buku, semakin mudah anak mencintai buku.
  2. Pilih buku sesuai jenjang usia anak. Kenalkan teks sederhana hingga kompleks secara bertahap.
  3. Lakukan kegiatan membaca buku setidaknya 1 kali sehari. Rutinitas akan membentuk kebiasaan cinta membaca.
  4. Antusiaslah saat membacakan buku agar anak tertarik dengan buku yang dibacakan untuknya.
  5. Berikan tepuk tangan atau pelukan, setelah selesai membaca buku untuk anak. Anak akan mengaitkan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan.
  6. Fokuslah! Hindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi saat Anda membacakan buku untuk anak. Misalnya, sambil nonton TV atau mengotak-atik gadjet.
  7. Berhentilah jika anak Anda mulai bosan. Cari waktu yang tepat untuk memulainya lagi.
  8. Jadilah teladan. Jika ingin anak Anda suka buku, Anda juga harus mencintai buku.
  9. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan ke toko buku. Beri kesempatan kepada anak untuk memilih buku favoritnya.
  10. Sediakan perpustakaan kecil yang mudah dijangkau di rumah.
  11. Jangan cepat emosi jika buku-buku berceceran, sobek, digunting, atau dicoret-coret oleh anak. Pelan-pelan ajarilah mereka untuk merawat buku-bukunya.
  12. Ajaklah anak untuk improvisasi dengan menceritakan kembali buku-buku yang telah dibacanya dan diberikan pujian. (*)

Teks: Andro Satrio SG

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: