Penjualan Online Jadikan Komoditas Lokal Berkembang

Perdagangan online adalah mediator yang dapat memfasilitasi transaksi jual-beli online dari produsen langsung ke konsumen.
, Majalah Kartini | 09/02/2017 - 12:01

Penjualan Online Jadikan Komoditas Lokal Berkembang

MajalahKartini.co.id – Meskipun diakui masih ada persoalan dalam sektor pajak, penjualan online atau e-commerce diakui dapat memotong mata rantai distribusi dan menjadikan komoditas lokal mampu menjadi tuan di negeri sendiri. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada acara diskusi teknologi dan perekonomian yang diselenggarakan salah satu media harian nasional dan Telkomsel yang bertemakan “Menyatukan Negeri Melalui Layanan Digital” usai memantau harga barang pokok di Pasar Mardika.

Dalam era digitalisasi saat ini yang perlu disiapkan dan dikembangkan dalam perdagangan online adalah mediator yang dapat memfasilitasi transaksi penjualan dan pembelian secara online dari produsen langsung ke konsumen. Nantinya, produk-produk industri kecil menengah (IKM) akan menjadi prioritas untuk dapat ditingkatkan penjualan melalui sistem online.

“Produk-produk IKM yang telah terseleksi atau mendapat pendampingan dan pembinaan akan didorong untuk meningkatkan transaksi penjualannya secara online. Kita harus prioritaskan produk-produk IKM ini,” ujar Enggar dalam rilisnya kepada majalahkartini.co.id, Rabu (8/2). Pasar domestik yang kuat, menurut Mendag, merupakan salah satu kunci untuk menghadapi globalisasi dan teknologi digital yang tengah berkembang saat ini.

“Untuk menghadapi globalisasi dan teknologi digital saat ini, yang harus kita lakukan adalah dengan memperkuat pasar domestik melalui perbaikan industri dalam negeri dan meningkatkan transaksi penjualan di dalam negeri secara online,” pungkas Enggar.(Foto: kemendag.go.id)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: