Pengakuan Haris Azhar Terkait Kesaksian Freddy Budiman

Haris mengungkapkan kesaksian Freddy Budiman beberapa saat sebelum eksekusi mati dilaku
, Majalah Kartini | 04/08/2016 - 23:49

Pengakuan Haris Azhar Terkait Kesaksian Freddy Budiman

Majalahkartini.co.id – Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar menyikapi kejadian dirinya dijadikan terlapor oleh TNI dan Badan Narkotika Nasional, dan Polri. Dia dilaporkan karena alasan pencemaran nama baik institusi negara dan dituduh melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Haris mengaku mengetahui hal tersebut dari sebuah acara talkshow di sebuah stasiun televisi swasta, Selasa (2/8) malam. Dia menegaskan telah mengetahui konsekuensi dari pernyataan yang dia berikan.

“Saya sudah paham konsekuensi yang saya lakukan, merilis pernyataan dari seorang bandit, Freddy Budiman,” kata Haris Azhar di kantor Kontras, Jakarta, Rabu (3/8).

Informasi yang dimiliki, lanjut dia, dapat ditindaklanjuti. Namun, Haris merasa berat jika dirinya harus membuktikan pernyataan tersebut. Karena pernyataan tersebut bersifat informasi.

“Jika saya dibebankan pembuktian, agak salah kaprah juga. Saya yakin, ada banyak informasi tambahan dari yang saya sampaikan. Ini soal kemauan dan keberanian negara untuk menindaklanjuti,” ujar dia.

Terkait pelaporan, Haris menyatakan itu sebagai modus. Dirinya mengaku, sebagai warga negara, ada banyak masyarakat yang dikriminalisasikan. Termasuk dia.

“Ini ancaman terhadap demokrasi. Orang bersuara, malah dipidanakan. Saya yakin bangsa ini masih bisa berdialog,” kata Haris. Respons pemerintah, lanjut dia, seharusnya membentuk tim independen untuk menelusuri cerita Freddy tersebut. (Adi Briantika/Foto: Adi Briantika)

Tags: , , , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: