Pendidikan Usia Dini Dukung Perkembangan Anak

Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini: waktu yang tepat untuk memulai dukungan pengembangan anak secara holistik.
, Majalah Kartini | 23/08/2016 - 12:00

sekolah-ramah-anak

MajalahKartini.co.id – Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini (PPAUD) dianggap sebagai waktu yang paling baik untuk memperkenalkan prinsip-prinsip pokok Sekolah Ramah Anak (SRA). Investasi dalam membangun keterampilan emosional dan sosial di PPAUD sangat penting berdasarkan fakta bahwa keterampilan-keterampilan ini terbangun secara progresif dari investasi-investasi yang telah dilakukan di masa lalu.

Sebagai tambahan, anak-anak dengan keterampilan sosial dan emosional yang kuat akan mengambil lebih banyak manfaat dari investasi-investasi dalam pengembangan keterampilan kognitif saat pendidikan dasar dan menengah. Kesenjangan kemampuan yang awalnya kecil dapat terakumulasi dan mengarah ke kesenjangan yang lebih besar di masa depan. Intervensi pada usia dini juga dapat menargetkan keluarga yang kurang beruntung dan melibatkan para orangtua dalam program-program pelatihan.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar, menekankan pentingnya usia dini sebagai waktu yang tepat untuk membentuk karakter dan nilai-nilai.

”Sampai saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan tujuan untuk menjamin satu tahun pendidikan pra-dasar untuk semua, sementara tetap melanjutkan agenda nasional untuk memberikan tiap komunitas akses kepada pusat PPAUD yang berkualitas,” jelas Harris Iskandar.

Kemendikbud juga telah menekankan pentingnya menjamin kesetaraan akses berdasarkan fakta bahwa anak perempuan yang terdaftar lebih banyak jumlahnya daripada anak laki-laki, dan meningkatnya persentase anak laki-laki yang terdaftar pendidikan pra-dasar namun tidak dapat menyelesaikan satu tahun penuh.

Sementara Pemerintah Indonesia bergerak untuk mencapai tujuan PPAUD tersebut, penting bagi Pemerintah Indonesia agar mengambil langkah-langkah untuk memastikan pelatihan guru yang tepat dan penjaminan mutu yang diperlukan agar PPAUD dapat memenuhi potensinya sebagai investasi bermakna bagi perkembangan sosial, emosional dan holistik seorang anak. (Foto: Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: