Pemprov NTT Berencana Naikan Tarif Masuk Taman Nasional Komodo

Seorang pengamat wisata menganggap kenaikan harga yang sangat signifikan tersebut kurang tepat.
, Majalah Kartini | 06/12/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Keindahan Pulau Komodo, NTT memang tak terbantahkan, baik pesona alamnya hingga kesempatan melihat binatang langka, Komodo yang kini jumlahnya kian menipis. Meski terbilang destinasi wisata yang unik dan spesial, namun rencana menaikan biaya masuk Taman Nasional Komodo oleh Pemprov NTT dinilai keterlaluan oleh beberapa pengamat pariwisata.

“Tak masuk akal, buat apa bayar USD 500,” ujar Pengamat Pariwisata, Tedjo Iskandar mengomentari isu tiket masuk ke Pulau Komodo, NTT (5/12).

Pemprov NTT berencana menaikan tarif tiket masuk ke Taman Nasional Komodo termasuk ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Turis mancanegara akan dikenakan biaya sebesar USD 500 atau setara RP 7 juta (kurs 1 USD = Rp 14.421) dan USD 100 atau setara Rp 1,4 juta untuk wisatawan domestik.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Publikasi Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti juga memiliki pandangan yang sama. Menurutnya, jika tarif tiket masuknya dinaikan maka nilai kenyamanan dan keamanan turis yang didapat juga makin bertambah. “Kita lihat saja bagaimana regulasi yang akan memayunginya,” tutur Guntur. (*)

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: