Para Pejuang ASI Peringati Pekan ASI Sedunia

Sejumlah ‘pejuang ASI’ peringati pekan ASI sedunia bersama
, Majalah Kartini | 04/08/2016 - 11:57

Para Pejuang ASI Peringati Pekan ASI Sedunia

MajalahKartini.co.id – Untuk mengingatkan masyarakat betapa pentingnya air susu ibu (ASI) bagi tumbuh kembang bayi, setiap 1 Agustus warga dunia memperingati Hari ASI Sedunia dan dilaksanakan selama satu pekan.

Ada 170 negara lebih yang telah menyelenggarakan pekan ASI sedunia dengan berbagai kegiatan, termasuk di Indonesia. Pada pekan ASI kali ini, komunitas Pejuang ASI Indonesia (PAI) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) menggelar kegiatan bertema ‘Breastfeeding a Key to Sustainable  Development’ di kantor Kementerian PP dan PA, Jakarta, Rabu (3/8).

Menurut ketua PAI, dr Ameetha Drupadi, pekan ASI sedunia merupakan momen peringatan untuk membangun semangat para ibu untuk memberikan ASI eksklusif. Ameetha mengatakan, ASI memiliki peran penting dalam mendukung upaya perlindungan, promosi, dan dukungan menyusui bagi ibu dan si buah hati.

Oleh sebab itu, sejak bayi lahir hingga menginjak usia 6 bulan, para ibu harus memberikan ASI ekslusif.”Mudah-mudahan pemenuhan hak ASI dalam golden period bayi setidaknya selama enam bulan dapat tercapai, walaupun banyak ibu menyusui yang bekerja atau memiliki aktifitas yang padat, tidak ada alasan bagi ibu untuk meninggalkan bayinya,” katanya.

Konselor laktasi itu juga menyampaikan, dengan ASI eksklusif, tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal sehingga daya tahan tubuh anak terhadap penyakit juga dapat meningkat. Hal tersebur pun, menurutnya, terbukti dapat menekan angka kematian bayi.

Di Indonesia, belum banyak masyarakat yang menyadari betapa pentingnya pemberian ASI eksklusif. Menurut salah satu ‘pejuang ASI’ sekaligus model, Joanna Alexandra, dirinya telah merasakan manfaat yang besar dengan memberikan ASI eksklusif kepada anaknya.

“Aku selalu kasih ASI eksklusif buat anak-anakku, termasuk buat Zoey (putri bungsunya). Memang ada beberapa kendala, tapi itu malah tantangannya. Tapi sejauh ini aku merasa Zoey dapat banyak manfaat dari ASI eksklusif,” ujar Joanna.

Selain Joanna, kegiatan inipun dihadiri oleh Sekretaris Menteri PP dan PA Wahyu Utomo, pasangan Ringgo Agus dan Sabai Morscheck, serta pasangan Nycta Gina dan Kinos. (Foto: Muhammad Meisa)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: