Pangandaran Tawarkan Destinasi Indah yang Tak Kalah dari Bali

Pangandaran menyajikan hamparan pantai dan wisata alam lainnya yang begitu memesona.
, Majalah Kartini | 18/04/2019 - 12:00

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

MajalahKartini.co.id – Bicara soal wisata, Indonesia menawarkan ribuan pilihan destinasi bagi para wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang tak kalah indah dari Bali adalah Pangandaran. Tempat ini menyajikan hamparan pantai dan wisata alam lainnya yang begitu memesona.

Pangandaran merupakan kabupaten yang terbilang baru di Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, Pangandaran masuk dalam Kabupaten Ciamis. Pangandaran berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Maka tak heran jika Pangandaran memiliki hamparan pantai yang begitu eksotis dengan deburan ombaknya. Selain itu, di kawasan Pantai Pangandaran terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut. Lokasi ini kemudian dijadikan cagar alam hingga saat ini.

Baca Juga: Geopark Ciletuh Segera Jadi ‘Primadona’ Wisata Indonesia

Berikut destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Pangandaran:

1. Pantai Pangandaran

Datanglah ke Pantai Pangandaran sebelum matahari terbit dan terbenam. Pantai Pangandaran menyajikan matahari yang sangat indah saat terbit dan terbenam. Pengunjung dapat memanfaatkan momen foto saat matahari terbit dan terbenam. Selain itu, pantai ini pun bisa digunakan untuk berenang atau berjemur.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

2. Pasar Ikan

Karena kawasan ini dulunya dikenal sebagai kota nelayan, maka tak heran apabila pasar ikan menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Bahkan Anda bisa ikut dengan para nelayan menangkap ikan untuk mendapatkan pengalaman yang seru. Di pasar tersebut, Anda bisa membeli aneka hasil olahan laut yang segar. Anda bisa mengolahnya sendiri atau minta penduduk lokal menjadikannya masakan yang lezat.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

3. Green Canyon

Disebut juga Cukang Taneuh, lokasi ini terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Green Canyon menawarkan keindahan aliran sungai Cijulang yang menembus gua. Di sini wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi alam seperti body rafting, panjat tebing, berenang, atau bersampan di sepanjang Green Canyon.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

4. Goa Jepang

Cagar alam ini berlokasi di Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran. Cagar Alam Pangandaran sendiri merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Di sini terdapat berbagai macam flora dan fauna yang hidup bebas dan dilindungi serta dijaga kelestariannya. Terletak di semenanjung pantai Pangandaran, selain flora dan fauna, di sini wisatawan juga dapat menapaki jejak sejarah. Di antaranya dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs agama.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

5. Pantai Karapyak 

Lokasi ini terletak di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang, dan merupakan salah satu spot yang menarik. Di sini Anda bisa menikmati desiran ombak, berenang, atau pun sekadar mengumpulkan cangkang kerang dan lainnya. Pantainya yang bersih dan masih jarangnya pengunjung datang ke Pantai Karapyak membuat pantai ini seperti pantai pribadi.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

6. Citumang

Selain Green Canyon, Pangandaran juga mempunyai Citumang. Citumang memang sama dengan Green Canyon yang menawarkan wisata air. Tetapi Citumang saat ini sedang menjadi primadona di Pangandaran, karena terkenal dengan keindahan air terjunnya. Biasanya ini yang membuat wisatawan lebih banyak memilih Citumang daripada Green Canyon.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

7. Jojogan

Pangandaran memang identik dengan laut. Tetapi bukan berarti tidak memiliki wisata alam lainnya, seperti air terjun dan wisata alam pegunungan. Salah satunya adalah Jojogan atau dikenal dengan nama Wonder Hills, yang bisa dinikmati dengan melihat hamparan sawah serta pemandangan lainnya dari atas gunung.

Foto: (Instagram/explorepangandaran)

Itulah sederet wisata yang ada di Pangandaran. Bagi Anda yang ingin mendapatkan sensasi yang sama seperti Bali namun terkendala budget, bisa mencoba datang ke Pangandaran, karena tempat ini pun tak kalah indah dari Bali.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: