Panduan Spa Hamil untuk Relaksasi Ibu dan Janin

Perubahan kondisi fisik maupun psikis pada ibu hamil lazim terjadi, seperti ketidakstabilan mood dan perasaan yang lebih sensitif. Untuk itu, perawatan spa hamil diciptakan agar ibu hamil dapat menikmati rileksasi selama kehamilannya yang akan berpengaruh pada perkembangan janin. Berikut panduan saat melakukan spa hamil.
, Majalah Kartini | 31/03/2019 - 16:00

Foto: Shutterstock

MajalahKartini.co.id – Perawatan spa hamil dapat menjadi solusi dan membantu ibu menjalani bulan demi bulan kehamilan dengan penuh kegembiraan dan perasaan nyaman melalui proses relaksasi.

Menurut dr. Boy Abidin, SpOG, spa memang tidak dilarang untuk ibu hamil, asalkan untuk keperluan relaksasi yang meningkatkan kesehatan. Namun, tidak diperbolehkan apabila ada pemijatan yang menekan bagian perut. Ia mengakui bahwa manfaat tak langsung dari spa hamil ini terhadap kesehatan janin terkait dengan lancarnya aliran darah ibu, maka asupan sari-sari makanan ke janin pun menjadi lancar.

Tips agar Spa Hamil Sesuai Tujuan

Ada beberapa tips yang dapat membantu para ibu agar perawatan spa hamil yang dilakukan sesuai harapan.

  1. Percayakan pada terapis andal
    Agar teknik pijat yang dilakukan tidak membahayakan si janin, ibu harus cermat dalam memilih tempat spa hamil yang ditangani terapis yang bersertifikasi khusus.
  2. Pastikan bahan yang digunakan aman
    Hendaknya ibu menanyakan secara detail rangkaian perawatan, termasuk bahan-bahan yang digunakan. Minyak aromaterapi dipilih yang aman untuk kehamilan.
  3. Perhatikan posisi tubuh
    Ibu hamil disarankan untuk berbaring miring saat melakukan perawatan pijat relaksasi yang memakan waktu paling lama dalam keseluruhan rangkaian perawatan.
  4. Pilih tempat perawatan yang nyaman
    Tak sekadar pijat saja, unsur kebersihan tempat dan kenyamanan juga harus diperhatikan. Pilihlah tempat dengan ruang perawatan yang nyaman dengan pilihan warna dekoratif yang hangat.
  5. Lakukan perawatan secara rutin
    Untuk hasil yang diharapkan, lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu atau setidaknya dilakukan setiap dua minggu sekali.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Waspada Telur Mentah

Langkah-Langkah Perawatan Spa Hamil

Rendam Kaki

Ibu akan dimanjakan dengan teknik merendam kaki selama beberapa menit pertama. Selain untuk membersihkan kedua kaki dan meredakan ketegangan otot-otot kaki, langkah ini turut mempersiapkan kondisi psikis ibu hamil untuk mulai menerima perawatan inti. Bahan aromaterapi yang dibubuhkan pada air rendaman yang digunakan, membuat si ibu akan memasuki dunia spa yang rileks.

Foto: Istimewa

Lulur Wajah & Tubuh

Jika si ibu ingin mendapatkan perawatan ekstra dengan rangkaian lulur. Setelah tubuh rileks usai dipijat, ibu akan diberikan bahan scrub lembut untuk menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit, serta mempercepat proses regenerasi kulit.

Foto: Istimewa

Rendam Tubuh

Selama sekitar 20 menit, ibu akan menikmati mewahnya berendam dalam air bunga mawar. Ibu dapat merasakan efek kombinasi kenikmatan air hangat dan wewangian aromatik untuk membersihkan diri serta memberi efek relaksasi pada tubuh.

Foto: Istimewa

Pijat Relaksasi

Pemijatan dimulai dari bagian punggung dengan posisi ibu berbaring miring, lalu dilanjutkan ke bagian pinggang, panggul, dan seluruh bagian tubuh dengan derajat tekanan yang berbeda-beda. Khusus untuk bagian perut, tidak dilakukan pemijatan, hanya diusap saja.

Foto: Istimewa

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: