Organisasi Guru Dituntut Independen

Organisasi profesi guru dijalankan harus bersifat independen terhadap kepengurusan, dan mengembangkan kompetensi.
, Majalah Kartini | 20/01/2017 - 12:38

Organisasi-Guru-Dituntut-Independen

MajalahKartini.co.id – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata mengatakan organisasi profesi guru harus sesuai dengan Undang Undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Para guru, kata Pranata, boleh membentuk organisasi profesi bersifat asal bersifat independen. “Organisasi profesi guru dijalankan harus bersifat independen terhadap kepengurusan, dan utamakan sebagai organisasi untuk mengembangkan kompetensi guru,” tutur Pranata melalui release yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pranata mengatakan pembentukan organisasi profesi guru berfungsi untuk meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi, kesejahteraan, dan pengabdian kepada masyarakat. Jika guru memiliki kompeten yang baik, kata dia, akan juga memiliki harga tawar yang tinggi.

Ke depan, sertifikasi guru tak boleh dilakukan sembarangan. Pranata mencontohkan untuk mensertifikasi seperti guru IPS harus dilakukan juga oleh guru IPS, tidak boleh dilakukan oleh guru mata pelajaran lain. “Oleh sebab itu, organisasi profesi harus selalu berpikir mengenai pengembangan profesi mata pelajaran yang ditekuninya,” ujar dia. Guru harus memiliki pikiran kritis, mempunyai kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang baik. (Kemendikbud/Foto: ANT FOTO)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: