Nova Harivan Paloh: Kontribusi Nyata untuk Lingkungan & Pemuda

Tak heran jika dirinya kerap didapuk menjadi pimpinan organisasi mulai dari lingkungan hingga kepemudaan.
, Majalah Kartini | 16/08/2018 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Nova Harivan Paloh Kontribusi Nyata untuk Lingkungan & Pemuda Nova, begitu ia akrab disapa memiliki kebiasaan untuk berdiskusi, bersosialisasi dan berorganisasi yang membuat dirinya lebih bahagia menjalani hidup. ”Saya senang untuk berdiskusi dengan orang lain sehingga sampai saat ini masih disibukkan dalam organisasi,” ujar ayah dari dua orang putra tersebut. Perjalanan karier Nova bisa dibilang cukup menarik. Mulai dari sales mobil hingga kini duduk menjadi staf khusus menteri ia jalani dengan penuh kesungguhan demi menjadi orang yang bermanfaat.

”Awalnya saya hanya sales mobil, pernah mencoba jadi building maintenance dan membuka usaha dengan teman-teman kuliah,” kenang Nova. Tidak berhenti di situ, Pengalaman-pengalamannya dalam dunia organisasi dan karier tidak membuat dirinya puas, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Setelah lulus dengan gelar baru yang melengkapi namanya, kesempatan datang menghampiri Nova. ”Setelah lulus saya dipanggil untuk bekerja di salah satu media Jakarta dengan jabatan sebagai general affair. Berkat usaha dan loyalitas saya dalam bekerja, saya akhirnya naik jabatan menjadi CSR (Corporate Social Responsibility) eksekutif saat itu,” ungkap Nova.

KONTRIBUSI & PENCAPAIAN

Pengalaman berorganisasi di lingkungan dirasakan Nova tidak cukup kuat untuk membenahi berbagai masalah di masyarakat terutama di Jakarta, kota tempat ia dilahirkan. Keadaan itulah yang akhirnya membuat Nova mantap masuk ke dunia politik yang memiliki jangkauan lebih luas dibanding organisasi di lingkungan tempat ia tinggal. ”Keinginan saya bukan tanpa alasan. Bergabung dalam dunia politik, saya ingin ke depannya suara saya bisa lebih didengar di lingkup nasional terutama mengenai masalah lingkungan dan kepemudaan,” tutur Nova.

Keinginannya tersebut disambut baik oleh Nasional Demokrat (NasDem), partai yang menaunginya tersebut memberikan tanggung jawab untuk memegang jabatan sebagai Ketua Garda Pemuda NasDem Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) DKI Jakarta, sebuah organisasi sayap partai yang bergerak di bidang sosial.

”Keterlibatan saya ialah melakukan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan seperti donor darah, melakukan sosialisasi terkait pencegahan narkoba, menjadi wadah untuk berkreasi dan memberikan sosialisasi mengenai kelestarian lingkungan hidup kepada seluruh pemuda di Jakarta,” jelas Nova ketika disinggung mengenai jabatannya di Garda Pemuda Provinsi DKI Jakarta. Bukan sekadar memberikan sosialisasi, Nova mengaku juga memberikan pembinaan secara langsung terhadap pemuda di lima wilayah di DKI Jakarta.

Dalam menjalankan tugasnya Nova tidak berdiri sendiri melainkan dibantu oleh Barisan Reaksi Cepat (BARET) yang merupakan satuan tugas dari Garda Pemuda. ”Sudah terkumpul 3.000 sampai 4.000 BARET yang tugasnya berkontribusi untuk penyampaian visi misi di tengah masyarakat DKI Jakarta perihal aktivitas dan peranan Garda Pemuda,” tuturnya.

Sejalan dengan perannya di Garda Pemuda, posisi staf khusus menteri juga menjadi wadah baginya untuk membantu masyarakat di bidang lingkungan hidup. ”Tugas-tugas yang ada selama ini membawa saya keliling Indonesia untuk ikut serta dalam menangani kebakaran hutan dan lahan hingga penanggulangan sampah” tuturnya.

Banyak hal yang masih perlu ia pelajari untuk membawa dirinya lebih baik lagi dalam dunia karier. Meski disibukan dengan lebih dari satu peran, Nova mengaku menjalankannya dengan rasa bersyukur. Peranan yang dilakukan itu semata-mata untuk memberikan wawasan dan aktivitas positif di bidang sosial kemasyarakatan.

SEORANG ’FAMILY MAN’

Memiliki karier yang aktif dalam kemasyarakatan menjadikan ia harus terbiasa dan bijaksana dalam membagi waktu seperti. Sosoknya memang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah bahkan sampai tidak mengenal waktu kerja. ”Keluarga terutama istri saya mengerti akan kesibukan dan tugas saya terlebih ia tahu bahwa saya pribadi yang organisatoris,” paparnya.

Hal penting yang selalu dijaga ialah komunikasi dengan istri dan keluarga. ”Walaupun istri saya pernah mengeluh akan kesibukan saya tetapi ia sudah lebih mengerti dan menerima setiap penjelasan saya bahwa yang saya lakukan semua tidak terlepas dari tuntutan hidup seorang pekerja masyarakat,” tambahnya. Nova memanfaatkan setiap waktu luang bersama keluarga. ”Ketika bisa memanfaatkan quality time bersama mereka, itulah definisi keluarga berkualitas bagi saya. Karena keluarga yang paling penting untuk saya,” tuturnya.

Keluarga menjadi hal terpenting bagi Nova lantaran dirinya sampai di posisi ini adalah karena dukungan oleh keluarga baik orang tua maupun istrinya. Ada sebuah pesan dari sang Ayah yang terus terngiang dalam ingatan Nova ketika ia menjalankan setiap aktivitasnya. ”Ayah saya berpesan dalam hidup itu ada dua yang harus saya lakukan yakni selalu menjaga kepercayaan orang lain dan jangan pernah berkhianat.”

”Jika saya melakukan kedua hal tersebut, kesuksesan tidak akan pernah jauh dari saya,” ungkap Nova mengenang pesan sang Ayah. ”Masih banyak pesan-pesan inspiratif yang orang tua saya berikan sejak saya duduk di bangku sekolah, itulah yang menjadi bekal saya menjalani kehidupan ini. Pesan itulah yang nantinya akan saya teruskan kepada anak-anak saya untuk menjadi bekal mereka meraih kesuksesan kelak.” (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: