Normalkah Dengkuran Bayi Anda Saat Tidur?

Ada sejumlah alasan mengapa bayi mendengkur, dan tidak semuanya menimbulkan kekhawatiran.
, Majalah Kartini | 22/05/2017 - 19:07

Normalkah Dengkuran Bayi Anda Saat TidurMajalahKartini.co.id – Mungkin normal jika bayi mengerang, merintih, mengeluarkan suara napas, dan merengek saat tidur. Tapi, terkadang perilaku tidur bayi, seperti sering mendengkur, bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang serius.

Sebuah penelitian baru menemukan, bayi yang sering mendengkur, setidaknya 4 kali dalam seminggu setiap tidur, mungkin merupakan indikasi beberapa masalah kesehatan. Hal ini termasuk masalah pernapasan pada bayi.

“Pernapasan adalah proses otomatis, dikendalikan oleh otak. Dengan memantau kadar kimia dalam darah, otak bisa bekerja jika pernapasan berfungsi baik,” kata ahli ENT, David Mclntosh yang dikutip Kashmirmonitor.

Ada sejumlah alasan mengapa bayi mendengkur, dan tidak semuanya menimbulkan kekhawatiran. Mclntosh mencatat, jika sinyal ke otak menunjukkan ada sesuatu yang salah, otak bisa mengubah tingkat pernapasan untuk mengimbanginya.
“Meskipun jika otak mengenali ada masalah penyumbatan napas, meningkatkan usaha bernapas sangat sedikit. Selanjutnya, penyumbatan pada pernapasan mengakibatkan kadar oksiden dalam darah menurun,” jelas Mclntosh.

Mclntosh telah melihat bukti berkurangnya konsentrasi, berkomunikasi dengan lingkungan, kecemasan, masalah memori dan kognitif, serta masalah dengan berpikir melalui berbagai hal secara logis.

Sementara itu, dalam sebuah penelitian yang jauh lebih besar, studi memantau 1.000 anak-anak selama 6 tahun. Mereka menemukan, anak-anak yang mendengkur, menarik napas melalui mulut, atau mengalami sleep apnea memiliki insiden masalah perilaku yang lebih tinggi. Selain itu, hampir 50-90 persen dari mereka lebih mungkin untuk mengembangkan gejala mirip ADHD daripada pernapasan normal. (Foto: ilustrasi)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: