Musim Hujan Datang! Waspada Anak Terkena Empat Penyakit Ini!

Banyak penyakit mengintai di musim hujan yang dingin dan lembap ini.
, Majalah Kartini | 24/11/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Saat musim hujan tiba, udara dan lingkungan kerap lembap. Kurangnya paparan sinar matahari juga kian menambah berbagai virus dan bakteri dapat dengan mudah berkembang biak dan menempel pada tubuh anak. Bila kondisi tubuh tidak fit, waspada anak-anak terserang penyakit yang kerap melanda di musim hujan berikut ini!

Influenza atau flu

Penyakit musim hujan yang paling sering terjadi adalah flu. Penyakit ini disebabkan virus influenza tipe A, B, atau C. Virus influenza bisa menyebar melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yang sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, Anda harus tetap mewaspadai penyakit ini. Berikan anak sup hangat dan balurkan tubuhnya dengan minyak telon atau kayu putih untuk mengatasinya.

Diare
Penyakit ini sangat erat kaitannya dengan pola konsumsi makanan. Sebab penyakit ini biasanya disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman, apakah itu makanan buatan rumah ataupun makanan jajanan. Oleh karena itu, jaga kebersihan makanan yang disantap anak. Pastikan Anda memberikan makanan buatan sendiri di rumah yang terjami sehat dan higienis. Jika sudah terlanjut mengalami sakit ini, maka berikan obat diare untuk anak untuk menghindari penyakit serius lainnya.

Demam Tifoid
Penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella Typhi. Sumber penularan paling utama adalah air dan makanan yang terkontaminasi Bakteri Salmonella Typhi hanya hidup dalam tubuh manusia. Bakteri tersebut ditemukan dalam feses dan urine penderita. Penyebaran bakteri terjadi akibat aktivitas cuci tangan yang kurang bersih dari penderita setelah berkemih atau buang air besar. Jangan sepelekan jika anak terserang demam, untuk langkah pertama berikan obat penurun panas, jika tak kunjung turun segera periksakan ke dokter.

Demam Berdarah Dengeu (DBD)

DBD atau demam berdarah dengue adalah salah satu jenis penyakit menular musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Demam berdarah disebut sebagai penyakit “break-bone” karena terkadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang serasa retak. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), bahkan kematian. Nyamuk Aedes Aegypti biasa berkembang biak di tempat-tempat lembap, oleh karena itu usahakan untuk selalu melakukan 3M (menguras, mengubur dan menutup). Yaitu, menguras bak mandi, mengubur kaleng bekas dan menutup bak penampungan air. Jika anak memiliki gejala-gejala DBD, seperti muncul bercak merah di kulit dan demam tinggi, maka segera larikan ke rumah sakit terdekat. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: