Muhammad Soleh Terpilih Sebagai Pimpinan DPD RI

Muhammad Soleh terpilih sebagai pimpinan DPD RI setelah meraih suara tertinggi 51 suara dari 117 pemilih dengan mengalahkan 11 calon lainnya.
, Majalah Kartini | 12/10/2016 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Pemilihan pimpinan DPD RI berlangsung dalam forum rapat paripurna luar biasa DPD RI yang dipimpin Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (11/10).

Ke-10 calon lainnya meliputi Parlindungan Purba (Sumatera Utara) meraih 21 suara, Hardi Slamet Hood (Kepulauan Riau/9 suara), Muhammad Syukur (Jambi/7 suara), Andi Surya (Lampung/5 suara), Instyawati Ayus Fahrurazi (Aceh/1 suara) dan Ahmad Kanedi (Bengkulu/1 suara).

Pemungutan suara berlangsung dalam suasana lancar meskipun para calon tampak tegang mengikuti proses penghitungan suara. Dari 132 anggota DPD RI, satu anggota tidak dapat hadir yakni, Irman Gusman, karena dalam tahanan KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka pada September lalu.

Satu anggota lainnya, Emma Yohana dari Sumatera Barat, dalam daftar hadir tertulis izin serta beberapa anggota tidak menandatangani daftar hadir. Sebelum dilakukan pemilihan, sebanyak 12 bakal calon pimpinan DPD RI menyampaikan visi dan misinya masing-masing selama sekitar tiga menit.

Namun, satu orang bakal calon pimpinan DPD RI menyatakan mengundurkan diri yakni Asmawati dari Sumatera Selatan. Sebelum dilakukan pemilihan, terjadi perang interupsi di antara anggota yang menanyakan seputar aturan dan mekanisme pemilihan. (ANT/Foto; ANT FOTO)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: