MRT Resmi Beroperasi

MRT fase I rute Bundaran HI-Lebak Bulus diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu (24/3/19).
, Majalah Kartini | 25/03/2019 - 08:00
MRT Jakarta

Sumber Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi beroperasi untuk masyarakat umum pada Senin, 25 Maret 2019 mulai pukul 05.30 – 22.30 WIB dan masih digratiskan hingga 31 Maret 2019.

MRT fase I rute Bundaran HI-Lebak Bulus diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu, (24/3/19). Peresmian ini dibarengi dengan pencanangan MRT Fase II Bundaran HI-Kota. Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan MRT akan benar-benar operasi komersial pada 1 April 2019. Meski demikian, dalam pengoperasian gratis ini masyarakat tetap membeli kartu. Dengan kata lain, masyarakat menempelkan kartu ke alat pembayaran tapi saldonya tidak terpotong.

Foto: Istimewa

Untuk sistem pembayarannya, PT MRT Jakarta akan mengeluarkan dua jenis kartu yaitu, kartu single trip dan multi-trip dengan tarif yang berbeda-beda. “Kita telah menyiapkan dua jenis kartu bagi pengguna layanan MRT yang pertama, yaitu single trip dengan tarif Rp 15.000,- dan untuk multi-trip Rp 25.000,-” ujar William.

Baca Juga: MRT Jakarta, Hari Pertama Uji Coba Peminat Membludak

Pada bulan berikutnya, pelayanan akan ditingkatkan. Yakni, jumlah kereta yang beroperasi bertambah menjadi 14 rangkaian kereta dengan dua rangkaian kereta cadangan. Begitu pula dengan headway, menjadi lima menit pada jam sibuk dan 10 menit pada jam tidak sibuk. Waktu operasi juga bertambah menjadi mulai 05.00 hingga 24.00 WIB.

Foto: Istimewa

“Jadi selama sebulan pertama kami akan melakukan evaluasi. Untuk menjadi bahan peningkatan kinerja pada bulan berikutnya. Karena ada peningkatan layanan di bulan kedua beroperasi,” ujar William Sabandar.

Di sisi lain, masyarakat sudah bisa mengunduh aplikasi MRT Jakarta melalui ponsel, baik yang berbasis Android maupun IOS. Di aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendapat informasi rute perjalanan, jadwal keberangkatan, dan toko-toko yang ada di stasiun MRT Jakarta.

Foto: Istimewa

MACET? Naik MRT saja!

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: