Rencana MRT, LRT & Transjakarta Dapat Diakses Menggunakan 1 Kartu

Rencana tersebut tentu guna mempermudah para pengguna untuk menggunakan berbagai transportasi publik tersebut.
, Majalah Kartini | 13/12/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Upaya mengurangi kemacetan di Jakarta dan daerah sekitarnya, salah satunya dapat dilakukan dengan menyediakan fasilitas transportasi umum yang memadai sehingga akan menjadi pilihan banyak orang untuk beraktivitas. Pemerintah pun hadir dengan meningkatkan kualitas transportasi umum lewat MRT, LRT, dan Bus Transjakarta yang sudah lebih dulu beroperasi. Guna memaksimalkan efektivitas dan efisiensi tentu menggunakan satu kartu untuk mengakses ketiga transportasi tersebut akan lebih memudahkan.

Oleh karena itu, sebanyak 3 badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta berencana membentuk perusahaan patungan (joint ventura/JV). Tujuannya untuk mengintegrasikan tiket transportasi umum yang dikelola 3 BUMD itu. Ketiga BUMD yang dimaksud adalah PT MRT Jakarta (MRT), PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Jakpro adalah BUMD yang menggarap proyek LRT Jakarta.

“Iya anak perusahaan ya, di mana akan ada kerja sama antara MRT Jakarta, Transjakarta dan Jakpro. Itu sedang disiapkan mekanismenya, baik mekanisme teknis maupun mekanisme administrasinya,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di Jakarta (12/12).

Targetnya pembentukan perusahaan patungan itu selesai sebelum MRT Jakarta beroperasi secara komersial di Maret 2019. Namun dia belum bisa memastikan kapan tepatnya. “(Targetnya) ya sebelum Maret,” imbuhnya.

“Supaya masyarakat merasa dia tadi nggak setiap naik transportasi punya tiket berbeda sehingga dilakukan integrasi ticketing,” jelasnya mantap. (*)

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: