MRT Jakarta, Hari Pertama Uji Coba Peminat Membludak

MRT gelar uji coba pertama gratis untuk warga Jakarta. Sebanyak 4 ribu penumpang terangkut mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB
, Majalah Kartini | 13/03/2019 - 13:20
MRT Jakarta

Uji Coba MRT Jakarta Hari Pertama

MajalahKartini.co.id – PT MRT Jakarta gelar uji coba pertamanya untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI secara gratis untuk publik pada 12 Maret 2019. Uji coba yang berlangsung mulai 12 Maret hingga 24 Maret 2019 ditargetkan dapat mengangkut 285 orang warga Jakarta. Uji coba pertama, MRT Jakarta telah mengangkut sebanyak 4 ribu penumpang mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Meski baru memasuki masa uji coba PT. MRT Jakarta telah membuka semua stasiun yang dilalui yang berjumlah 13 stasiun. Nantinya MRT akan dapat menempuh rute Lebak Bulus-Bundaran HI hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Dalam sekali angkut MRT ditargetkan dapat mengakut 28 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Ini 4 Unicorn Kebanggan Indonesia

Tiket MRT Jakarta Gratis

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan masyarakat bisa menjadi penumpang pada hari ini merupakan mereka yang telah membeli tiket gratis yang dibuka sejak 5 Maret 2019 untuk perjalanan hari ini, 12 Maret, sampai 24 Maret 2019. 

Mengenai tarif yang akan dikeluarkan, hingga saat ini belum ada pemberitahuan secara resmi. Sementara itu, target MRT beroperasi adalah akhir bulan ini. “Nanti tunggu [harga tarif] final dengan Dewan,” ucap Anies. Anies yang turut menghadiri uji coba MRT ini mengatakan akan ikut naik MRT.

“MRT beroperasi mulai 05.30 WIB tiap hari sampai 22.00 WIB malam. Sudah berfungsi untuk umum, memang dibukanya pukul 08.00 WIB, tapi secara operasional sudah, dan saya akan mulai menggunakan MRT untuk berangkat, pulang kantor,” kata Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (12/3/2019). Anies yang diketahui selama ini tinggal di rumah pribadinya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dan Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. 

Namun sayangnya, meski sudah melakukan uji coba publik, namun William meminta maaf kepada masyarakat karena ada beberapa eskalator yang belum berfungsi. Meski, seluruh stasiun sudah dibuka per hari ini. “Kami terus berupaya mempercepat kesiapannya,” imbuh dia. 

Perusahaan masih menyelesaikan beberapa pintu masuk di sejumlah stasiun. Sayang, ia tak menyebut pasti stasiun mana saja yang masih dalam proses finalisasi. “Tinggal dua stasiun lagi, untuk stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, dan lain-lain itu sudah selesai,” ucap William.(*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: