Monumen Kapsul Waktu Mirip Markas Avengers Diresmikan Presiden Joko Widodo

Terdapat tujuh mimpi anak Indonesia yang tersimpan dalam kapsul-kapsul tersebut yang akan dibuka pada tahun 2085.
, Majalah Kartini | 17/11/2018 - 09:30

MajalahKartini.co.id – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana ditemani anak-anak Merauke meresmikan Monumen Kapsul yang berlokasi di Merauke, Papua (16/11). Monumen Kapsul tersebut berisi 7 mimpi besar anak-anak Indonesia dari Sabang-Merauke yang dikumpulkan melalui program Ekspedisi Kapsul Waktu sejak 22 September 2015. Mimpi anak-anak Indonesia yang disimpan dalam kapsul tersebut berisi harapan untuk Indonesia selama 70 tahun ke depan (2015-2085).

Baik Presiden Jokowi maupun pendukungnya di media sosial menyatakan bahwa bentuk monumen ini seperti logo raksasa Avengers. Presiden Jokowi menyatakan bahwa di Monumen Kapsul Waktu, tujuh mimpi besar anak-anak Indonesia ditanam dalam kapsul-kapsul, disimpan permanen, dan baru akan dibuka pada 2085.

“Saya meresmikan Monumen Kapsul Waktu itu, pagi ini, bersama anak-anak Merauke yang meletakkan kapsul-kapsul itu ke dalam cangkang di puncak monumen,” tulis Presiden Jokowi di akun Facebook-nya.

Ekspedisi yang berlangsung sejak tahun 2015 itu, menurut keterangan resmi, digelar di 43 kota di 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke. Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan permanen di monumen, sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus bangsa.

Dalam pernyataan resminya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa, “Dari ketinggian, bentuknya seperti logo raksasa Avengers. Monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avengers.”

Presiden juga berharap bahwa selain menjadi ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke, Monumen Kapsul Waktu juga diharapkan bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Monumen Kapsul Waktu berupa bangunan tugu di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan pintu mewakili suku asli Merauke, yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan Indonesia, Pancasila, serta kebudayaan Papua. (*)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: