Menyelami Jerman Tempo Dulu di Römerberg, Frankfurt

Meski terkenal sebagai kota besar dan modern, tetapi Frankfurt memiliki area tradisional yang menarik banyak wisatawan.
, Majalah Kartini | 17/02/2019 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Menyambangi Jerman rasanya tak lengkap jika Anda tidak singgah di Frankfurt tepatnya Römerberg yang menjadi favorit wisatawan menikmati Jerman tempo dulu di tengah kota modern. Römerberg juga kerap disebut Gunung Romawi yang berada di jantung sejarah Frankfurt. Meski kota ini pernah dibombardir pasukan Inggris ketika Perang Dunia, tetapi Römerberg berhasil ditata kembali. Römer dalam bahasa Jerman berarti “Roman” dan merupakan nama dari sebuah kompleks sembilan rumah yang membentuk balaikota Frankfurt (Rathaus). Rumah-rumah ini dibeli oleh dewan kota pada tahun 1405 dari sebuah keluarga pedagang kaya. Rumah di tengah menjadi balaikota dan kemudian terhubung dengan bangunan di sebelahnya. Di atasnya terdapat Kaisersaal “Emperor’s Hall”, tempat raja baru dilantik.

Area ini menjadi destinasi wajib setiap wisatawan yang bertandang ke Frankfurt, sekadar jalan-jalan santai menikmati udara segar serta pemandangan kota tua yang cantik. Para wisatawan biasanya menjadikan Römerberg sebagai awal perjalanan wisata dalam kota mereka berkeliling Frankfurt. Apalagi di sini juga terdapat pusat informasi wisata, serta tempat pemberangkatan bus wisata yang ramah wisatawan. Kemegahan Balai Kota yang dibangun antara abad 15 dan 18 ini Nampak berkat arsitektur bergaya gothic yang diterapkan. Bangunan utamanya dikenal sebagai Zum Römer, yang berarti penghormatan kepada Romawi. Bila sempat melongok ke ruang bersejarah tempat penobatan Kaisar Romawi, kita akan menyaksikan foto-foto raja dan kaisar Jerman, dari Friedrich Barbarossa yang memerintah pada tahun 1152 hingga Franz II, yang berkuasa pada tahun 1806. Luar biasa!

Suasana di dalam gereja Alte Nikolaikirche

Di Romerberg pula, terdapat air mancur keadilan dengan patung Dewi Keadilan berdiri anggun di tengahnya, serta ada pula Ostzeille, rekonstruksi bangunan rumah-rumah khas Jerman pada abad ke 15-16. Meski tampak asli dan tua, tetapi sesungguhnya bangunan yang sekarang ini adalah hasil rekonstruksi yang selesai didirikan pada tahun 1983. Bangunan yang asli sudah hancur lebur ketika terjadi Perang Dunia. Tidak hanya memiliki desain dan bentuk bangunan yang unik, setiap rumah tersebut juga memiliki nama, di antaranya Zum Engel, Goldener Greif, Wilder Mann, Kleiner Dachsberg-Schlüssel , Großer Laubenberg  dan Kleiner Laubenberg. Selesai? Belum! Karena Anda juga harus menyambangi gereja gothic, Alte Nikolaikirche yang memukau. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: