Menjajal Jalan Layang Transjakarta Tendean-Ciledug

Kini, Anda pun bisa menempuh Tendean-Ciledug selama 30 menit perjalanan.
, Majalah Kartini | 15/11/2017 - 16:05

MajalahKartini.co.id – Setelah rampungnya jalan layang Transjakarta Tendean-Ciledug, Majalah Kartini mencoba melakukan catatan perjalanan di lapangan, Senin, (18/9). Majalahkartini.co.id memulai perjalanan pukul 16.18 WIB dari halte Tendean, terletak di samping jalan layang Tendean. Disana tidak ada anak tangga untuk mencapai halte, karena halte tersebut sudah tersambung dengan jalan dibawahnya.

Sesudah melakukan tapping memakai kartu elektronik seperti, e-money, tapcash, brizzi, dan lain-lain, kami masuk ke dalam halte. Tanpa sempat menunggu, bus Tendean-Ciledug sudah datang dan kami bergegas naik ke dalam bus. Biasanya waktu untuk menempuh Tendean-Ciledug dengan menggunakan jalur biasa bisa memakan 1 sampai 2 jam perjalanan. Namun dengan menggunakan transportasi umum Transjakarta tersebut, waktu tempuh berkurang hingga 1 sampai 1 jam setengah. Jadi Anda pun bisa menempuh Tendean-Ciledug selama 30 menit perjalanan.

 

Di dalam bus, pukul 16.18 WIB tersebut, tidak terdapat lagi bangku kosong untuk kami tempati. Kami terpaksa berdiri di daerah khusus wanita. Daerah khusus wanita tersebut berada di depan bus, sementara untuk umum berada di belakang. Terdapat bangku prioritas untuk ibu hamil, lansia dan ibu membawa anak di daerah khusus perempuan tersebut. Bangku yang disediakan terbilang kurang mencukupi, hanya sekitar 50 bangku. Sisanya bergelantungan ataupun bersander didekat dinding bus.

Dari halte tendean yang kami datangi, pemberhentian selanjutnya untuk menurunkan dan menaikan penumpang antara lain, halte tirtayasa, mayestik, cipulir, adam malik dan terakhir ciledug. Jalan layang yang baru dibuat tersebut tidak sesempurna kelihatannya. Terkadang kami merasakan guncangan ke kanan maupun ke kiri saat berada di dalam bus tersebut.

Tidak jauh berbeda dengan memakai bus Transjakarta jalur lainnya, terdapat guncangan walaupun jalanan terlihat mulus tanpa rusak sedikitpun.  Sesampainya di halte Ciledug, kami disambut puluhan ojek online yang menawarkan jasanya. Kesimpulan, durasi waktu perjalanan menjadi lebih cepat yaitu sekitar 30 menit perjalanan, hanya saja bangku penumpang terlihat amat sedikit dan jalan layang yang mulus pun bisa berdampak guncangan kecil. (Cindy/ foto: Cindy)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: