Menilik Wisata Pantai Syariah Berkonsep Halal di Banyuwangi

Ke depannya, seluruh pramuwisata di Pulau Santen akan mengenakan jilbab dan memberikan salam islami.
, Majalah Kartini | 11/01/2019 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Banyuwangi memang terkenal sebagai kota yang memiliki sejuta tempat wisata menarik. Termasuk berbagai pantai cantik dengan ombak yang menawan. Jika Anda ingin menikmati wisata pantai dengan konsep berbeda, maka bertandanglah ke Pantai Syariah di Pulau Santen di Banyuwangi yang memiliki konsep wisata halal berikut ini.

Berusaha mengubah citra buruk Pulau Santen sebelumnya yang terkenal kumuh dan menjadi tempat lokalisasi, maka Pemkab Banyuwangi secara bertahap terus memperbaiki Pulau Santen ke arah yang lebih baik. Setelah membereskan lokalisasi dan pembersihan area, kini Pulau Santen dirancang menjadi destinasi wisata unggulan Banyuwangi yang berkonsep syariah serta halal.


Yang dimaksud dengan wisata syariah atau wisata halal ala Banyuwangi bukan berarti membatasi pengunjung hanya untuk kaum muslim. Ini melainkan mengembangkan destinasi wisata yang di antaranya ditandai dengan jaminan fasilitas halal, seperti makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang ibadah, tempat ibadah, serta fasilitas berkonsep pemisahan antara pengunjung laki-laki dan perempuan.

Ke depannya seluruh pramuwisata di Pulau Santen akan mengenakan jilbab dan mengedepankan konsep Islami dengan memberikan salam dengan sopan. Untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian kawasan pulau wisatawan yang datang diwajibkan membawa kantong plastik sebagai tempat sampah makanan atau minuman yang dibawa dan membuangnya ke tempat yang sudah disediakan. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: